Sekilas Info

Batu Merah Jadi Desa BERSINAR

AMBON, MalukuTerkini.com – Negeri Batu Merah dideklarasikan menjadi Desa BERSINAR (Bersih dari Narkoba) oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena memberikan apresiasi kepada BNNP Maluku yang sudah menggagas kegiatan untuk mewujudkan Negeri Batu Merah menjadi Desa BERSINAR.

Pasalnya, ini akan menjadi perhatian dari Pemerintah Kota Ambon lewat Badan Kesatuan Bangsa & Politik  (Kesbangpol).

"Kita akan lakukan sosialisasi bahaya narkoba tahun depan kita akan bersinergi dengan badan narkotika nasional Provinsi Maluku untuk menimal yang kita buat menunjukan bahwa Pemkot Ambon bersama BNNP Maluku dalam melakukan upaya penanganan masalah narkoba di Kota Ambon,"jelas Wattimena di Kantor Negeri Batu Merah, Kamis (13/10/2022).

Dijelaskan, Kota Ambon sudah ada dalam zona merah karena  peningkatan narkoba.

"Kota Ambon berada pada zona merah. Karena itu, ini menjadi tugas kita sama dengan seluruh intansi terkait mengupayakan sosialisasi agar masyarakat tidak terjerumus pemakai narkoba," ungkapnya

Sementara itu, Kepala BNNP Maluku Rohmad Nursahid  mengatakan,  Desa Bersinar merupakan bentuk dari pemberatas narkoba bersama.

"Kita akan membuat kegiatan dan program berbasis masyarakat dan pembentukan relawan.  Di wilayah Batu Merah harus bersih dari narkoba sehingga ketika ada jaringan narkoba kita ungkap, proses dan tindak tegas,” katanya.

Sebagaimana diketahui, program Desa BERSINAR adalah salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat desa yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa bersama dengan masyarakat, yang memiliki tujuan meningkatkan pendampingan masyarakat dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih dari Narkoba yang di kelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumberdaya di desa, (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!