Sekilas Info

19 Desa di Bursel Kini Nikmati Listrik 24 jam

AMBON, MalukuTerkini.com - Menyambut perayaan Natal tahun 2022, PT PLN (Persero) berhasil meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan pasokan listrik 24 jam pada 19 desa di Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Adapun 19 desa tersebut merupakan bagian dari 2 Kecamatan di Kabupaten Bursel yaitu Kecamatan Leksula dan Kecamatan Fena Fafan.

Kini 2.870 pelanggan di 2 kecamatan tersebut dapat menikmati peningkatan jam nyala listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, Maryudin Saleh mengaku keberhasilan PLN dalam menghadirkan layanan akses listrik 24 jam tersebut merupakan sinergi bersama antara PLN, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel dan juga masyarakat.

"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Bursel, Camat dan Kepala desa serta semua pihak yang telah turut serta membantu khususnya dalam menjaga kebersihan jaringan listrik PLN sehingga peningkatan operasional kelistrikan dari 12 Jam ke 24 jam ini dapat terwujud", kata Maryudin dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Maryudin menjelaskan, dengan beroperasinya listrik 24 jam diharapkan aktivitas  perokonomian khususnya di Kecamatan Leksula dan Kecamatan Fena Fafan dapat semakin menggeliat.

Saat ini, kelistrikan di 2 Kecamatan tersebut disuplai dari PLTD Leksula dengan Daya Mampu sebesar 730 kW dan Beban Puncak sebesar 410 kW.

"Kami berharap warga, para tokoh masyarakat, para perangkat Desa dapat memanfaatkan energi listrik tersebut untuk lebih produktif, sehingga perekonomian masyarakat semakin meningkat," jelasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bursel, Gani Loilatu  menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PLN atas peningkatan waktu operasional dari 12 jam nyala ke 24 jam.

"Terima kasih atas segala upaya untuk terus meningkatkan infrastruktur listrik dan kesejahteraan masyarakat khususnya pada Kecamatan Leksula dan Kecamatan Fena Fafanm," jelas Gani.

Ia mengatakan pemkab akan terus mendukung PLN dalam meningkatkan pembangunan dan pelayanan kelistrikan di seluruh Kabupaten Bursel.

"Dengan adanya listrik 24 jam diharapkan bukan hanya menjadi penerangan namun menjadi pendorong perekonomian di Kecamatan Leksula dan Kecamatan Fena Fafan," lkatanya.

Salah satu warga Desa Leksula, Yeni Hatu sangat senang karena kini bisa menikmati akses listrik 24 jam.

"Sebagai masyarakat Leksula kami sangat berterima kasih dengan adanya pengoperasian lampu dari 12 jam ke 24 jam, kami menyambutnya dengan suka cita karena dapat menghadirkan penerangan yang baik bagi masyarakat, anak-anak sudah bisa menggunakan waktu siang untuk belajar bahkan juga untuk menonton tv dan segala kebutuhan keluarga bisa tertata lebih rapi,"jelas Yeni. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga