Sekilas Info

Lantamal Ambon Tabur Bunga Peringati Hari Dharma Samudera

AMBON, MalukuTerkini.com - Tanggal 15 Januari merupakan hari yang bersejarah bagi TNI Angkatan Laut yang diperigati sebagai Hari Dharma Samudera.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina yang diwakili oleh Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa  memimpin upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2023 dan tabur bunga yang berlangsung di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon, Senin (16/1/2023)

Upacara tersebut bertujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam berbagai pertempuran di Laut, seperti pertempuran di Selat Bali, Laut Cirebon, Teluk Sibolga dan pertempuran Laut Aru pada 15 Januari 1962.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada inspektur upacara, mengheningkan cipta, pembacaan sejarah pertempuran laut, pembacaan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut, pelarungan bunga ke laut oleh Wadan Lantamal IX dilanjutkan tabur bunga oleh seluruh Pejabat Utama Lantamal IX dan Jalasenastri di atas geladak haluan KRI Posepa-870.

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali dalam amanatnya yang dibacakan Wadanlantamal IX Ambon mengaku peristiwa pertempuran laut merupakan tinta emas dalam  sejarah TNI Angkatan Laut.

"Hari ini enam puluh satu tahun yang lalu, satu peristiwa di Laut Arafuru menjadi lukisan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan Bangsa Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, kasal juga mengapresiasi pengabdian prajuri- prajurit Jalasena Samudera.

Turut hadir dalam upacara, Pejabat Utama Lantamal IX, Kasatker Lantamal IX, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal IX serta pengurus Jalasenastri korcab IX DJA III. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga