Sekilas Info

BMKG Peringatkan Potensi Banjir Rob di Maluku, Ini Wilayahnya

Ilustrasi

AMBON, MalukuTerkini.com – Stasiun Meteorologi Maritim Ambon mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir (rob) di sejumlah wilayah di Maluku.

Banjir pesisir itu diprediksi terjadi pada rentang waktu tanggal 21 - 24 Januari 2023.

Salinan surat peringatan dini Nomor ME.01.02/017/KAMB/I/2023 tertanggal 17 Januari 2023 tersebut ditandatangani Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Ashar dan Prakirawan M Sainuri Damayanto.

“Adanya fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) pada tanggal 21 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” ungkap Ashar dalam salinan peringatan dini dimaksud.

Dijelaskan, wilayah yang berpotensi banjir pesisir (rob) yang diprediksi terjadi pada rentang waktu tanggal 21 - 24 Januari 2023 di wilayah Pesisir Wilayah Seram Bagian Timur, Pesisir Selatan Pulau Seram, Pesisir Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Pesisir Kepulauan Tanimbar, Pesisir Kepulauan Kei, serta Pesisir Kepulauan Aru.

“Masyarakat pesisir pantai dihimbau waspada adanya fenomena Banjir Pesisir (Rob) yang diprediksi terjadi pada rentang waktu tersebut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” jelasnya (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!