Sekilas Info

Diguyur Hujan, 63 Unit Rumah Warga di Ambon Terancam Longsor

AMBON, MalukuTerkini.com - Intensitas curah hujan yang terus meningkat sejak Senin (12/6/2023) hingga Selasa (13/6/2023) mengakibatkan terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa wilayah di Kota Ambon.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon terdapat 61 titik longsor yang terjadi di Kota Ambon. Sementara ada 63 unit rumah warga yang terancam longsor.

"Sejak senin sudah ada laporan masyarakat bahwa rumah mereka mengalami longsor. Dari data yang kami punya untuk jumlah longsor ada 61 titik, jumlah rumah terancam Longsor 63 Unit dan rumah rusak sebanyak 15 Unit," jelas Plh Kepala BPBD Kota Ambon Fahmi Salatalohy di Balai Kota Ambon, Rabu (14/6/2023).

Selain longsor, juga terjadi bencana banjir di 4 titik yaitu Kampung Siwang, Kudamati, Kelurahan Waihaong dan  Air Besar Passo. Sementara untuk pohon tumbang 9 titik yakni Waimahu Latuhalat, Mahia, Ahuru Kampung Kolam Kelurahan Waihoka, Negeri Soya, Negeri Batu Merah, Mangga Dua, Kelurahan Waihoka, Pertigaan Lahani dan Negeri laha.

Ia menjelaskan, dari bencana tersebut terdapat beberapa infrastruktur yang mengalami kerusakan.

"Ada beberapa infrastruktur yang rusak, yaitu bangunan sekolah 1 unit, jalan setapak  6 titik, talud penahan tanah  7 titik dan talud penahan sungai 2 titik," jelasnya.

Salatalohy menambahkan, pihaknya telah memberikan bantuan logistik pada titik-titik longsor. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga