Sekilas Info

Marinir AS & TNI AL Latihan ‘Jungle Survival’

AMBON, MalukuTerkini.com - Usai berlatih pertempuran hutan, para prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL) dan United States Marine Corps (USMC) dari The US Marine Corps Forces Pacific (Marforpac) mendapatkan materi latihan ‘Jungle Survival’ atau cara bertahan hidup di hutan.

Materi itu diberikan saat Latihan Bersama (Latma) Keris Marex Tahun 2023 yang digelar di Puslatpurmar 6 Antralina, Jampang Tengah, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023).

Jungle Survival merupakan ilmu bertahan hidup dalam keadaan darurat dengan memanfaatkan alam sekitar.

Kegiatan diawali dengan pemberian materi tentang sumber daya alam apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk bertahan hidup, serta cara mengolahnya di hutan yang disampaikan oleh para pelatih Korps Marinir TNI AL.

Setelah pemberian materi, kegiatan dilanjutkan dengan memperkenalkan berbagai jenis tanaman hutan yang bisa dimakan secara langsung dan yang tidak bisa dimakan serta mempraktekkan secara langsung cara menangkap dan memasak sejumlah binatang buas, seperti ular.

Para prajurit Korps Marinir dari US Marforpac cukup antusias dalam mengikuti materi latihan yang diberikan.

Kendati awalnya mereka terlihat ragu untuk mencobanya, namun akhirnya bisa mencoba mengolah dan memakan makanan yang telah mereka dapatkan di hutan Sukabumi.

Hal itu diungkapkan Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) 4 Marinir Letkol Marinir Arief Bastian Sanusi Chaniago selaku Dansatgas Latma Keris Marex Tahun 2023 dalam keterangannya, Minggu (26/11/2023)

"Dengan latihan Jungle Survival ini diharapkan para peserta Latma Keris Marex Tahun 2023 ini dapat mengetahui tata cara bertahan hidup di hutan dengan berbagai jenis tanaman hutan dan binatan yang bisa dimakan secara langsung dan yang tidak bisa dimakan," jelas Bastian yang merupakan alumni Akademi Angkatan Laut tahun 2004 ini. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!