Sekilas Info

Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

AMBON, MalukuTerkini.com - Penutupan Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, kembali diperpanjang.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan bandara akal dilanjut sampai Minggu (21/4/2024) pukul 12:00 WITA.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kemenhub menjelaskan keptusan itu diambil berdasarkan Notice to Airmen (NOTAM) Nomor A1021/24 NOTAMR A1016/24, dengan pertimbangan masih adanya aktivitas abu vulkanik di Gunung Ruang di ruang udara Sulawesi Utara.

"Penutupan diperpanjang sampai dengan Minggu. Sesuai hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara," jelas Ditjen Hubud Kemenhub, Sabtu (20/4/2024).

Sebagai informasi, erupsi Gunung Ruang sendiri terjadi sejak Selasa (16/4/2024), hal ini karena Bandara Sam Ratulangi hanya berjarak sekitar 95 km dari Gunung Ruang.

Akibat kebijakan tersebut, penutupan bandara sebanyak 47 penerbangan dari dan menuju ke Manado dibatalkan.

Sejumlah maskapai dalam dan luar negeri pun dikabarkan membatalkan penerbangan karena erupsi Guung Ruang. Pada Kamis (18/4/2024), Malaysia Airlines membatalkan sejumlah penerbangan ke dan dari Bandara Internasional Kuala Lumpur ke Sabah dan Sarawak.

Sementara pada Jumat (19/4/2024), Lion Air Group mengumumkan semua penerbangan dari dan menuju Bandara Sam Ratulangi serta Bandara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara dibatalkan karena erupsi Gunung Ruang. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!