Sekilas Info

Sadali Ie Jadi Penjabat Gubernur Maluku

Sadali Ie

AMBON, Malukuterkini.com – Presiden Joko Widodo menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Sadali Ie sebagai Penjabat Gubernur Maluku.

Sadali Ie akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian, Rabu (24/4/2024), tepat di hari berakhirnya masa jabatan Gubernur Maluku Murad Ismail.

Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Murad Ismail sebagai Gubernur Maluku dan Barnabas Orno sebagai Wagub Maluku. Jokowi juga sekaligus mengangkat Sadali Ie sebagai Penjabat Gubernur Maluku.

Sadali Ie yang merupakan putra asli Seram Bagian Timur ini resmi dipercayakan memimpin Maluku, yang mana salah satu tugasnya untuk mempersiapkan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) guna memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2024-2029.

Sebelumnya tiga nama yang diusulkan DPRD Maluku sebelumnya  ke pemerintah pusat yaitu Zainal Abidin Rahawarin (Rektor IAIN Ambon), Mayjen TNI Dominggus Pakel (Deputi Bidang Operasi Keamanan dan Sandi Negara BSSN) dan Jufri Rahman (Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah). Namun ternyata yang layak menempati jabatan tersebut menurut pemerintah pusat adalah Sadali Ie,

"Kemarin itu Pak Sekda sudah menghadap Pak Mendagri dan dipercayakan sebagai Penjabat Gubernur Maluku," ungkap sumber malukuterkini.com di Kemendagri, Sabtu (20/4/2024).

Sementara itu, Sekda Maluku Sadali Ie yang dikonfirmasi malukuterkini.com, Sabtu (20/4/2024) juga meminta doa restu untuk mengemban amanah tersebut. "Mohon Doanya yah," ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Maluku Murad Ismail sudah memberi sinyal saat menghadiri halalbihalal dan reuni alumni SMAN 2 Ambon beberapa hari lalu.

"Insya Allah, Pak Sekda ini akan menjadi Penjabat Gubernur Maluku,” ujarnya saat itu.

Hingga Sabtu (20/4/2024) terlihat dengan sejumlah ucapan selamat yang disampaikan berbagai komponen masyarakat termasuk OPD lingkup Pemprov Maluku di media sosial.

Salah satunya Dinas Pariwisata Provinsi Maluku telah menyampaikan selamat atas ditunjuknya Sadali Ie sebagai Penjabat Gubernur Maluku. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!