Sekilas Info

Polisi Ciduk Pelaku Pencurian Peralatan Elektronik di 3 SMA

Ilustrasi

AMBON - Personil Buser Satuan Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease berhasil menciduk 2 pelaku pencurian dengan sasaran 3 sekolah di Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon, Sabtu (15/6/2019).

Kedua pelaku berinisial YZA (22) dan IT (21).  Sebelumnya 1 pelaku lainnya berinisial MJP (33) sudah diciduk polisi karena terlibat pencurian di tempat lain yang kasusnya telah lebih dulu diproses.

Ketiga sekolah tersebut yaitu SMAN 3 Salahutu Tulehu, Sekolah LKMD Laha, SMAN 6 Ambon. Bahkan pelaku melakukan pencurian di Sekolah LKMD Laha sebanyak 2 kali.

“Pada hari Sabtu (15/6/2019) sekitar pukul 17.00 WIT, personil Buser Satuan Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease berhasil menciduk 2 pelaku yang diduga melakukan tindak pidana pencurian dengan sasaran 4 sekolah di Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon. Keduanya diciduk di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah,” jelas Kasubbag Humas Polres Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Julkisno Kaisupy kepada malukuterkini.com, Senin (17/6/2019).

Menurutnya dari tangan pelaku berinisial YZA (22) diamankan 2 unit layar monitor warna hitam merk Samsung dan layar monitor warna putih merk HP.

“Setelah diinterogasi, menurut keterangan pelaku YZA bahwa kedua layar monitor tersebut merupakan hasil curian di Sekolah LKMD Laha. YZA mencuri bersama pelaku MJP, yang sudah diamankan juga pada kasus pencurian TKP lain/limpahan Polsek Salahutu), serta pelaku MYK dan pelaku BN yang masih buron,” ungkapnya.

Kaisupy juga mengaku para pelaku melakukan aksi pencuria dengan sasaran sekolah sekolah dengan cara mencungkil pintu atau jendela menggunakan obeng atau palu dan mengambil barang-barang berharga dari dalam sekolah berupa laptop, infocus, layar monitor, uang tunai dan celengan.

Dikatakan, dari hasil interogasi yang dilakukan terhadap para pelaku diketahui beberapa kejadian pencurian dgn sasaran sekolah adalah merupakan aksi dari para pelaku diantaranya:

  1. TKP SMAN 3 Salahutu Tulehu, yang Laporan Polisi (LP)-nya ada di Polsek Salahutu. Barang yang hilang berupa 7 unit Infocus dengan pelaku YZA dan IT, sementara sejumlah pelaku lainnya masih buron.
  2. TKP Sekolah LKMD Laha, yang LP-nya baru dibuat di SPKT Polres Ambon. Barang yang hilang berupa 2 unit Infocus, 1 buah Laptop warna merah dengan 1 buah handphone Samsung Vi, 3 buah layar monitor (yang baru diperoleh 2 buah Layar monitor). Pelaku: YZA, BN, MJP dan MYK, sementara sejumlah pelaku lainnya masih buron.
  3. TKP SMAN 6 Ambon - Amahusu, barang yang hilang berupa 8 unit layar monitor dengan pelaku YZA dan IT.
  4. TKP Sekolah LKMD Laha (kejadian kedua). LP-nya sudah dibuat di Polres Minggu (16/6/2019). Barang yang hilang berupa 3 buah layar monitor (dua unit sudah disita dari tangan pelaku) dengan para pelaku yaitu YZA sementara sementara sejumlah pelaku lainnya masih buron.

“Sesuai keterangan para pelaku diketahui semua hasil curian yg para pelaku dapatkan, semuanya dijual kepada 1 orang penadah yang berinisial I,” kata Kaisupy.

Menyangkut barang bukti yang diamankan, Kaisupy mengaku dari hasil kejahatan para pelaku, polisi sudah mengamankan dari tangan pelaku YZA berupa 2 unit layar monitor warna hitam merk Samsung dan warna putih merk HP.

“Para pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dan telah ditahan di Rutan Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease,” ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!