Sekilas Info

Mahasiswa FK Unpatti Belajar Chamber Hiperbarik di Lantamal Ambon

BELAJAR – Sejumlah mahasiswa FK Unpatti belajar Chamber Hiperbarik di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dokter FX Suhardjo Lantamal IX, Ambon, Jumat (12/7/2019).

AMBON - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon memberikan pembekalan kepada 56 mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti).

Materi yang disampaikan tentang Chamber Hiperbarik dan cara bertahan hidup di Laut (Uitemate).  Kegiatan dipusatkan di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dokter FX Suhardjo Lantamal IX, Ambon, Jumat (12/7/2019).

Komandan Lantamal IX Laksma TNI Antongan Simatupang mengatakan materi ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa karena sebagian besar wilayah Provinsi Maluku adalah lautan dan banyak masyarakat yang bekerja sebagai nelayan, maka sangat penting bagi mahasiswa mengetahui dan mempelajari kesehatan kelautan dan kepulauan.

BELAJAR - Sejumlah mahasiswa FK Unpatti belajar Chamber Hiperbarik di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dokter FX Suhardjo Lantamal IX, Ambon, Jumat (12/7/2019).

Sementara Karumkital Dokter FX  Suhardjo Lantamal IX Ambon, Letkol Laut (K)  Ali Setiawan mengharapkan mahasiswa harus mempunyai semangat untuk belajar dan cinta akan laut, karena wilayah Provinsi Maluku adalah lautan, sehingga pengetahuan tentang kesehatan kelautan dan kepulauan harus dipahami sedari dini.

“Seluruh mahasiswa kesehatan harus mempunyai kemampuan berbasis kompetensi dan siap bekerja di lapangan,” ungkapnya.

Materi Chamber Hiperbarik diberikan oleh Lettu Laut (K) Cahyo,  sedangkan pemberian materi Cara Bertahan Hidup di Laut (Uitemate) oleh Kapten Laut (K)  Agus Wijaya.

BELAJAR - Sejumlah mahasiswa FK Unpatti belajar Chamber Hiperbarik di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dokter FX Suhardjo Lantamal IX, Ambon, Jumat (12/7/2019).

Dalam materi Chamber Hiperbarik diberikan pembelajaran tentang fungsinya yaitu sebagai salah satu metode pengobatan yang dilakukan dengan cara memberikan oksigen murni di dalam ruangan khusus bertekanan udara tinggi, untuk dihirup pasien.

Terapi oksigen hiperbarik dilakukan di ruangan khusus yang dapat meningkatkan tekanan udara hingga tiga kali tekanan atmosfer normal. Peningkatan tekanan udara di dalam ruangan hiperbarik ini menyebabkan paru-paru pasien menyerap oksigen lebih banyak dari biasanya, sehingga dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit khususnya penyakit penyelaman.

Selain itu, pada materi Uitemate, mahasiswa diberikan pelajaran tentang bagaimana mengatasi apabila terjadi kecelakaan transportasi laut sehingga teknik ini dapat digunakan dengan mengapung dan menunggu sampai menunggu bantuan yang datang.  (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!