oleh

Speed Boat Tenggelam, 1 Tewas, 32 Selamat

-Daerah-2.704 views

AMBON – Keberadaan speed boat yang melayani rute dari Desa Mastur, Kei kecil  tujuan Desa Relean, Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) akhirnya diketahui.

Speed boat naas yang memuat 33 penumpang ini tenggelam setelah dihantam ombak. Akibatnya satu penumpang meninggal dunia, sementara 32 lainnya selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon, Muslimin dalam rilisnya menjelaskan kejadian terjadi Sabtu (14/9/2019) sekitar pukul 11.30 WIT di Desa Werka, Perairan Kei Besar, Kabupaten Malra.

EVAKUASI – Salah satu korban tenggelamnya speed boat di Kabupaten Malra dievakuasi ke RSU Langgur, Sabtu (14/9/2019).

Speed boat yang memuat 33 penumpang itu terbalik  karena dihantam gelombang. Yang telah ditemukan dalam keadaan selamat 32 orang sudah dievakuasi ke RSU Langgur dan  keluarganya di Desa Mastur, sedangkan satu orang meninggal yakni Florense Batlenona (23).  Jenasahnya langsung dievakuasi ke RSU Langgur,” jelas Muslimin.

Muslimin mengatakan speed boat ‘Bumo Watkidat’ dengan panjang 10 meter dan lebar 2,5 meter, serta warna putih list biru merah kuning ini dihantam ombak hingga masuk air dan kemudian terbalik.

Setelah melakukan Kantor SAR Ambon berkoordinasi dengan Korpos Tual, katanya, untuk data dan informasi pelaksanaan Operasi SAR maka pada pukul 13.20 WIT, Tim Rescue Pos SAR Tual beserta Tim SAR Gabungan diberangkatkan ke lokasi musibah dengan menggunakan KN SAR Bharata dan KNP 364 KPLP TUAL melibatkan Tim Rescue Pos SAR Tual, ABK KN SAR Bharata, Polres Tual, Brimob Tual, Polair Tual, BPBD Tual dan Bakamla.

“Team SAR gabungan tiba di lokasi pencarian,sekalian menurungkan sekuci milik KN SAR Bharata untuk melakukan koordinasi dengan potensi yang sudah ada (BPBD) Tual. Korban seluruhnya dievakuasi dan dibawa ke RS langgur,” katanya.

PENCARIAN – Tim SAR Gabungan korban tenggelamnya speed boat di Kabupaten Malra menjalani perawatan di RSU Langgur, Sabtu (14/9/2019).

Muslimin merincikan para korban selamat masing-masing Tolvita Raharusun, Brian Saisolat, Yustian Oltafiana, Andre Pasalbessy, Noka Kameubun, Vivi, Ferbrin Paliama, Yesayas Lagi, Jumadi Raharusun, Albert Ohoiulun, Yuni Watianan, Jens Sahilatua, Putri Rahantoknam, Indah Tomasila, Forlan Fordatkusu,  Putri Far-Far, Yesaya Lambuali, Albert Leluli, Cristo Wattimena, Ipstianus, Chay larmeheriwa, Denila Batmanlusi, Novy Watyanan, Sarah Akito, Agustina Uniwaly, Deret Leunupun, Veronika Leunupun, Evan Borol, Auldrich Huka,  Ivoni Patyanan dan Oktovina Ngilyaubun.

“Mereka ini hendak mengikuti HUT Angkatan Muda Gereja di Desa Rerean Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara,” ujar Muslimin.

Ia menambahkan, dengan ditemukannya para penumpang  speed boat ‘Bumo Watkidat’ dan dievakuasi maka Operasi SAR dinyatakan selesai. (MT-04)

Komentar

News Feed