oleh

Pasca Gempa, Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Tertimbun Longsor di Negeri Lama

-Bencana-1.570 views

AMBON – Tim SAR Gabungan berhasil mencari dan mengevakuasi Matheis Frans, yang tewas tertimbun longsoran bukit pasir di Desa Negeri Lama, Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019).

Bukit pasir tersebut longsor akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,8 yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon, Muslimin menjelaskan, pihaknya menerima informasi pada pukul 09.00 WIT.

“Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon menerima informasi dari warga yang bernama Leticia Pattiasina yang melaporkan satu orang warga tertimbun longsoran bukit pasir di Desa Negeri Lama. Tim SAR menuju lokasi kejadian pada pukul 09.15 WIT,” jelasnya.

KORBAN – Tim SAR Gabungan berhasil mencari Matheis Frans, yang tewas tertimbun longsoran bukit pasir di Desa Negeri Lama, Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019).

Dikatakan, korban ditemukan dalam keadaaan sudah meninggal dunia terhimpit runtuhan bukit pasir pada pukul 13.49 WIT.

“Korban longsor ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia pada pada pukul 13.49 WIT,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitude M 6,8  mengguncang wilayah Kota Ambon Kamis (26/9/2019) pukul 08.46.44 WIT.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=6,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,43 LS dan 128,46 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km arah timur laut Kota Ambon, Provinsi Maluku pada kedalaman 10 km,” ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Kamis (26/9/2019).

KORBAN – Tim SAR Gabungan berhasil mencari Matheis Frans, yang tewas tertimbun longsoran bukit pasir di Desa Negeri Lama, Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019).

Dijelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Ambon ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip fault),” jelasnya. (MT-04)

Komentar

News Feed