oleh

Lantamal Ambon Gelar Komsos Kesehatan di Negeri Asilulu

AMBON – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di Negeri Asilulu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (18/1/2020).

Kegiatan yang dilakukan bersama mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Maluku Husada itu dalam rangka pembinaan potensi maritim masyarakat nelayan pesisir dan mendukung program pemerintah.

Dalam sambutannya, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Komandan Lantamal IX Ambon, Kolonel Marinir Daniel Krueta berharap materi pelatihan dan praktek yang diajarkan agar diikuti, disimak dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan bermanfaat apabila terjadi kecelakaan/bencana transportasi laut dengan teknik mengapung sambil menunggu pertolongan tiba.

“Hubungan baik ini harus terus dibina untuk menjaga kelestarian laut demi anak cucu dengan cara menangkap ikan dengan legal atau benar dan jika mengetahui dan melihat  kapal asing atau nelayan asing berada di perairan sekitar Negeri Asilulu segera laporkan ke pihak Lantamal IX untuk ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Kegiatan Komsos yang dirangkaikan dengan penyuluhan kesehatan serta simulasi pertolongan korban tenggelam dan bertahan hidup di laut ini diikuti sebanyak 97 peserta tersebut merupakan praktek lapangan stase bahari Profesi Ners angkatan V STIKES Maluku Husada.

Materi yang diajarkan berupaya Barotrauma oleh Kapten Laut (K) Masrukin dan Uitemate oleh Kapten Laut (K) Agus Wijaya.

Pembina Yayasan STIKES Maluku Husada, Hamdan Tunny memberikan apresiasi Lantamal IX karena sudah membantu mahasiwa demi terselenggaranya kegiatan penyuluhan dan simulasi.

“Kita berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi nelayan Negeri Assilulu yang mayoritas bekerja sebagai nelayan tradisional yang berhubungan langsung dengan laut,” katanya. (MT-03)

Komentar

News Feed