Sekilas Info

HAB Ke-75 Kemenag, Menag Ajak Umat Beragama Kedepankan Akal Sehat

AMBON - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat beragama untuk mengedepankan akal sehat dan hikmah atau kebijaksanaan, dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang.

"Di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani mayoritas. Semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, dimana hak seseorang dibatasi oleh hak orang lain," ungkap Menag dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Maluku Kasrul Selang saat Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama (Kemenag), yang digelar di Aula Kantor Kemenag Provinsi Maluku, Selasa (5/1/2021).

Menag juga mengajak seluruh masyarakat agar dapat menjadikan agama sebagai inspirasi dalam membangun bangsa dan negara.

"Saya mengajak seluruh masyarakat agar dapat menjadikan agama sebagai inspirasi dalam membangun bangsa dan negara," katanya.

Di usia yang ke- 75 tahun ini, seluruh ASN dilingkungan Kemenag juga diajak untuk memaknai segala prestasi yang telah dicapai, dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik di masa mendatang.

Menurut Menag, peringatan HAB Ke-75 Kemenag yang mengusung tema "Indonesia Rukun" tersebut, sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan  kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

"Pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama, juga merupakan karya bersama para tokoh agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. Untuk itu, tanpa toleransi, maka tidak akan ada kerukunan," kata Menteri.

Menurutnya, toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama, karena pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada  hak-haknya sendiri.

Untuk diketahui, kegiatan yang berlangsung sederhana dan menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri oleh Sekda Maluku selaku Inspektur Upacara, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H Jamaludin Bugis, pimpinan tokoh lintas agama, Kakankemenag Kota Ambon Zain Firdaus Kaisupy, pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!