Sekilas Info

Peringatan Dini BMKG: Ini Wilayah Yang Berpotensi Banjir Pesisir di Maluku

AMBON - BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Ambon mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai banjir pesisir (rob) di wilayah Maluku pada rentang waktu 24 - 31 Mei 2021.

"Wilayah yang berpotensi banjir pesisir yang diprediksi terjadi pada rentang waktu 24 - 31 Mei 2021 di wilayah Maluku yaitu pesisir wilayah Seram Bagian Timur, pesisir selatan Pulau Seram, pesisir Pulau Ambon dan Lease, Pesisir Kepulauan Tanimbar, Pesisir Kepulaua Kei dan Pesisir Kepulauan Aru," jelas Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/5/2021).

Menurutnya, banjir pesisir  tersebut berpotensi terjadi akibat adanya pengaruh dan aktivitas astronomi di mana fase bulan purnama parigee (Super Blood Moon) yaitu posisi bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi.

"Hal ini menyebabkan potensi pasang maksimum dan ditunjan keadaan gelombang serta curah hujan yang cukup tinggi dapat mempengaruhi dinamika pasang surut yang berptensi terjadinya bencana banjir pesisir di wilayah Provinsi Maluku," ungkapnya.

Ashar menghimbau masyarakat pesisir untuk waspada adanya fenomena banjir pesisir yang diprediksi terjadi pada rentang waktu tersebut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!