Sekilas Info

Tak Representatif, RSUD Haulussy Bakal Dibangun Baru

AMBON - Kondisi fisik bangunan dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya dinilai sudah tidak memadai. Karena itu, Pemprov Maluku berniat akan membangun RSUD Haulussy yang baru.

"Ini orang sakit kalau masuk lihat begini bukan sehat. Kalau luar saja sudah begini bagaimana dalamnya. Tadi waktu masuk saya lihat seperti ini. Kalau dibawah saya langsung begini selesai semua. Jadi pemeliharaan gedung harus diambil alih Pemda sebagai aset daerah disaat RSUD masih membehani diri. Setelah ini manajemen diatur betul, saya minta ini diselesaikan," tandas Gubernur Maluku Murad Ismail disela- sela kunjungannya di RSUD Haulussy Ambon, Selasa (1/6/2021).

Gubernur mengaku saatnya RSUD Haulussy dibenahi sehingga sama dengan rumah sakit lainnya di luar Maluku. Ini juga dilakukan agar orang semakin minat untuk masuk di RSUD.

"Ini bocor yah? Ini juga sudah tidak representatif. Ini tidak bisa direhab bangun baru saja yang begini," ucap Gubernur saat meninjau sejumlah ruangan mulai dari NICU bagian kebidanan, ruang lab jantung, ruang cuci darah hingga ke ruangan UGD.

Gubernur menyampaikan, dirinya akan berupaya menyampaikan kepada Presiden dan Menteri Kesehatan agar Maluku bisa membangun rumah sakit yang baru dan jika demikian disitujui  barulah proses lahan dilakukan, sehingga keberadaan RSUD Haulussy nantinya bisa diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

"Ini mudah-mudahan, saya punya cita-cita rumah sakit ini. Saya ketemu Menteri Kesehatan dan Presiden kita minta RS baru. . Jika sudah dapat tanah maka saya akan menghadap Presiden atau Menteri PUPR untuk bangun di kita punya tanah. Ini RS cocok buat pemkot. Kita berusaha, harapan kita," tandas Gubernur.

Sementara itu, soal keberadaan alat-alat dan fasilitas Gubernur memberikan perhatian serius dan diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat.

"Saya sudah liat banyak alat-alat kita yang rupanya tidak berfungsi dengan datangkan dokter Tommy dari RSUD Bekasi sehingga saya menaruh harapan yang besar kedepan bisa perbaiki majamemen RS sehingga bisa melayani semua orang Maluku tanpa pamrih," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!