Sekilas Info

Eksekusi Lahan di Batu Merah Ditunda, Kapolda Maluku: Penasehat Hukum Jangan Provokatif

Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif

AMBON, MalukuTerkini.com - Rencana eksekusi lahan di kawasan Negeri Batu Merah ditunda oleh Polda Maluku.

Olehnya itu, ia mengimbau masyarakat dan semua pihak untuk dapat menahan diri, khususnya Penasehat Hukum masing-masing.

"Kami harap Penasehat Hukum agar tidak menyampaikan statemen-statemen yang provokatif di masyarakat dan jangan ganggu atau korbankan kepentingan umum. Polri akan menindak tegas dari kedua pihak bila menggangu ketertiban umum dan meresahkan masyarakat," tandas Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif di Ambon, Minggu (27/3/2022).

Penundaan eksekusi putusan pengadilan ini diambil karena adanya ketidaksiapan instansi terkait dalam mengantisipasi dampak sosialnya.

Kapolda mengaku pihaknya tidak mencampuri proses hukum perdata tersebut.

"Kami tidak mencampuri proses hukum, Polri netral. Kami hanya melihat adanya ketidaksiapan instansi terkait dalam mengantisipasi dampak sosial yang akan ditimbulkan," ungkapnya.

Ia berharap eksekusi lahan yang akan dilakukan dapat tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat, serta semua pihak atau instansi terkait.

“Ini penting dilakukan agar dampak sosialnya bisa diminimalisir, sehingga berakhir secara aman, kondusif dan tidak mengganggu ketertiban umum,” tandasnya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini mengaku akan mengkomunikasikan persoalan tersebut dengan pihak-pihak terkait, termasuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

"Kita akan berkomunikasi dengan semua pihak terkait dan berkoordinasi dengan Pemda, karena dampak giat tersebut pasti membawa pengaruh besar dalam kehidupan dan aktivitas masyarakat sehari hari," jelasnya.  (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!