Sekilas Info

Tanimbar Terancam Batal Ikut Pesparani Maluku

Wakil Uskup Amboina Wilayah Tanimbar, Simon Petrus Matruty RD

SAUMLAKI, MalukuTerkini.com -  Kabupaten Kepulauan Tanimbar terancam tak ikut Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Provinsi Maluku IV, yang akan berlangsung di Kota Tual, 24-30 September 2022

Hal itu diungkapkan Wakil Uskup Amboina Wilayah Tanimbar, Simon Petrus Matruty RD.

"10 kabupaten/kota di Maluku sudah mendaftar. Hanya Tanimbar saja yang belum,. Waktunya juga sudah sangat dekat," ujar Romo Sipe sapaan akrab Simon Petrus Matruty  kepada wartawan, Kamis (25/8/2022) sore

Menurutnya, kendala utamanya ada pada pengganggaran atau dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Akibatnya sampai saat ini belum dilakukan rekruitmen peserta atau seleksi tingkat kecamatan.

"Dari LP3KAD laporkan bahwa pemkab hanya siapkan anggaran sebesar Rp 150 juta saja pada APBD 2022 ini," ujarnya.

Sementara jumlah peserta yang direncanakan akan diikutsertakan pada ajang tersebut mencapai 250 peserta, karena akan mengikuti semua mata lomba.

"Proposal dari tahun lalu sudah kita masukan. Sudah Bertemu pak Bupati, Pak Sekda bahkan DPRD juga. Dengan harapan kita dapat dukungan penuh dari pemkab melalui penganggaran yang layak untuk kegiatan ini. Tetapi jawaban yang kita dapat sangat mengecewakan," ungkapnya.

Kendati demikian, ia berharap pemkab dapat membantu mengalokasikan tambahan dana melalui APBD-Perubahan, sebab jika tidak makan daerah dengan mayoritas umat Katolik di Maluku ini tidak dapat mengikuti event tersebut.

Ia menambahkan total permintaan dalam proposal yang diajukan sejak tahun lalu sebesar Rp 1,9 miliar. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!