Sekilas Info

BKSDA Maluku Gagalkan Penyelundupan Burung Kakatua

AMBON, MalukuTerkini.com - Sebanyak 10 ekor Burung Kakatua Maluku (Cacatua mollucensis) yang hendak diselundupkan menggunakan pipa paralon berhasil diamankan oleh  petugas Pos Pelabuhan Tulehu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku.

Petugas BKSDA mengamankannya sejak Selasa (4/10/2022) pukul 12.24 WIT.

Hal itu diungkapkan Petugas Hutan BKSDA Maluku, Seto,  dalam keterangannya, Senin (10/10/2022).

Saat itu  Petugas Pos Pelabuhan Tulehu  berhasil mengamankan satwa liar yang dilindungi yaitu Burung Kakatua Maluku (Cacatua mollucensis) masih  hidup yang  dikemas dalam pipa paralon dan diangkut dengan menggunakan kendaraan pick up Daihatsu Isuzu DE 8635 AG.

Satwa tersebut dibawa ke Ambon dengan menggunakan Kapal Motor Penyeberangan Sardinela dari Pelabuhan Waipirit - Kairatu menuju Pelabuhan Hunimua - Liang.

"Satwa tersebut diamankan pada saat kendaraan turun dari KMP Sardinela. Saat diperiksa ditemukan burung yang dimasukan kedalam pipa paralon dan disimpan disamping box ikan dan ditutupi dengan terpal warna biru. Mobil yang membawa burung tersebut dikemudikan Aditya Hari Widhiyanto, warga Desa Malaku Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah," jelasnya.

Menurutnya, burung tersebut dibawa dari daerah Desa Pasahari dititip oleh seseorang untuk dibawa ke Ambon.

“Nantinya pada saat tiba di Ambon, pengemudi diarahkan untuk menelpon pemilik untuk mengambil burung tersebut. Namun nomor handphone pemilik tersebut sudah tidak aktif lagi,” ungkapnya.

Burung endemik Maluku tersebut kini sudah diamankan petugas BKSDA Maluku untuk selanjutnya dilepas kembali ke habitatnya.

"Langkah yang diambil mengamankan barang bukti dan mengambil data pengemudi dan membuat surat pernyataan agar tidak kembali menerima titipan burung ilegal," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!