Sekilas Info

POPMAL IV Dimulai, Ini Harapan Gubernur Maluku

AMBON, MalukuTerkini.com - Pesta Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV tahun 2022 resmi dimulai, Kamis (17/11/2022).

Acara yang dibuka langsung oleh Ketua Umum Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman yang ditandai dengan pemukulan tifa tersebut dipusatkan di Lapangan Merdeka - Ambon.

Ia didampingi oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Forkopimda Provinsi, para Rektor Perguruan Tinggi di Maluku, serta Legenda Tinju Indonesia Chris John.

Adapun beberapa penampilan seni dan budaya dalam rangka memeriahkan PopMal IV yaitu  marching band, defile atlet/official, dan tari kolosal, pembakaran obor PopMal IV, pengibaran bendera POPMAL. Hadir pula para bupati/wali kota se Maluku.

Gubernur yang juga Ketua Umum KONI Provinsi Maluku Murad Ismail pada kesempatan tersebut meyampaikan lima pesan penting kepada para atlet, penyelenggara, pendamping, juri dan bupati/wali kota.

Ia berpesan kepada para juri dan penyelenggara pertandingan untuk tegakan kejujuran serta berikanlah penilaian secara objektif.

"Jangan sekali-sekali mengecewakan anak-anak kita yang bertanding. Tidak ada ego sektor, ego marga, ego keluarga dan lain-lain," tandas Murad yang menekankan jika dirinya menerima laporan tentang ketidakjujuran juri, dirinya memastikan akan mencoret dari daftar KONI Maluku.

Kepada para atlet, mantan Kapolda Maluku ini meminta untuk tunjukan sportifitas, profesionalisme dalam bertanding. Hindari pertikaian apapun itu, meminta atlet juga untuk menunjukan sikap tidak terpuji dalam cabang olaraga apa saja yang diikuti.

Ia juga mengingatkan bagi para suporter dan pendukung untuk menunjukan kebersamaan, hindari perselisian dan perkelahian. Mengingat sebanyak 1.500 personil TNI Polri telah diterjunkan untuk pengamanan pada setiap tempat pelaksanaan pertandingan.

"Ada provokator, kita kasih nginap di villa Polresta atau Polda," tandasnya.

Tak lupa, Gubernur berpesan kepada para bupati/wali kota untuk terus melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerahnya masing-masing sebagai wujud keberlanjutan pengembangan olaraga di Maluku

"Tolong bina anak-anak kita di daerah, sehingga di event nasional dan internasional, Maluku bisa tersenyum," tandasnya.

Ia mengingatkan bagi penyelenga agar dapat melaksanana tugas dengan bertanggungjawab, sehingga bisa mencapai sukses yang ditargetkan.

"Semua dana yang dikeluarkan harus ada pertangungjawabannya," kunci Murad.

Dalam rangkaian pembukaan diawali dengan defile kontingan kabupaten.kota di Maluku dengan menampilkan yel yel, juga dilakukan pengibaran bendera  Popmal, pembakaran obor POPMAL IV, pengucapan sumpah atlet dan juri.

Hadir dalam pembukaan POPMAL IV Wakil Ketua Umum KONI Pusat Chris John yang juga legendaris tinju Indonesia, forkopimda Maluku, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Bupati/ Wali Kota se-Maluku,  Rektor Unpatti dan sejumlah tamu lainnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!