Sekilas Info

Polda Maluku Siapkan Pengamanan Malam Pergantian Tahun Baru 2023

AMBON, MalukuTerkini.com – Polda Maluku menggelar rapat kesiapan pengamanan malam pergantian tahun baru 2023 yang bertempat ruang video conference, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Jumat (30/12/2022).

Rapat bersama jajaran Polda Maluku melalui zoom meeting itu dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Ia didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, dan Irwasda Maluku Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar. Turut hadir seluruh pejabat utama Polda Maluku beserta Kapolres/Kapolresta jajaran secara virtual.

Kapolda Maluku, Lotharia Latif, dalam sambutannya menyampaikan kondisi perkembangan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Ia juga menyinggung angka pelanggaran yang dilakukan anggota hingga dilakukan PTDH mengalami penurunan.

"Kita harus mengantisipasi perkembangan dan kondisi yang ada, dan bekerja sesuai dengan apa yang sudah ditentukan," ujar Kapolda.

Kapolda menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para Pejabat Utama dan Kapolres/Kapolresta jajaran, yang telah bekerja keras menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif. Kondusifitas kamtibmas di Maluku harus terus ditingkatkan.

Kapolda pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada  Kapolresta Ambon yang telah bekerja keras dalam menyelesaikan persoalan di Pulau Haruku.

"Untuk kasus Pelauw mulai berangsur-angsur membaik di mana waktu embarkasi dapat dilaksanakan dan warga di Kariu sudah mulai beraktifitas dan selanjutnya akan dilakukan tahapan-tahapan lanjutan," katanya.

Untuk Polres Maluku Tenggara dan Tual, ia juga berharap dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat dengan baik.

"Kami juga berharap kepada semuanya agar program bapak Kapolri semoga dapat diselesaikan sesuai dengan targetnya," ujarnya.

Ia menekankan kepada jajarannya untuk mengevaluasi dan konsolidasi semua kekurangan serta keberhasilan di bidang pembinaan dan operasional di masing-masing satker.

"Persiapkan pelaksanaan program kerja dan anggaran sesuai DIPA 2023," pintanya.

Ia juga meminta agar tetap konsisten dalam pengembangan program Presisi Kapolri dan Kapolda Maluku yakni Basudara Manise untuk melayani, melindungi masyarakat, memelihara Kamtibmas dan penegakan hukum.

Terkait pengamanan pergantian malam pergantian tahun baru, Kapolda meminta agar dapat mengantisipasinya jangan sampai terjadi gangguan kamtibmas.

"Cegah dini dan tindak cepat setiap potensi kerusuhan dan bentrok antar masyarakat di lapangan. Tingkatkan sinergitas dengan TNI dan Pemda serta instansi terkait," kata Kapolda mengingatkan.

Ia pun terus mengingatkan kepada semua anggota Polri di Maluku untuk senantiasa menjaga morilnya.

"Cegah serta hindarkan diri dari pelanggaran kode etik, disiplin atau pidana," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!