Sekilas Info

Luncurkan Gerakan Sweri Stunting, Ini Harapan Penjabat Bupati Tanimbar

SAUMLAKI, MalukuTerkini.com – Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Daniel E Indey meluncurkan Gerakan Sweri Stunting.

Sweri merupakan bahasa daerah Bumi Duan Lolat yang berarti larangan dan pencegahan. Melalui gerakan ini tercetus satu komitmen bersama untuk mencegah stunting di wilayah ini.

Indey mengatakan pelayanan kesehatan berkualitas dan terjangkau merupakan harapan dan cita-cita seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan  yang penting sekali untuk ditangani secara serius adalah stunting.

Ia mengeaskan, pelayanan kesehatan khusus stunting bagi masyarakat terpencil terutama yang berada di pulau-pulau sering terhambat.

Hal ini butuh perhatian serius, karena penyebab utamanya adalah  minimnya infrastruktur perhubungan, komunikasi dan keadaan cuaca yang seringkali berubah dan tidak bisa diprediksi.

"Situasi seperti ini dapat mengakibatkan penanganan suatu penyakit menjadi terlambat padahal seharusnya bisa dicegah dan bisa diobati, termasuk masalah stunting itu sendiri," katanya.

Dari tahun ke tahun, menurut Indey, Kabupaten Kepulauan Tanimbar mempunyai anggaran untuk membiayai masalah kesehatan masih sangat kecil, sehingga ke depan diperlukan suatu sistem pelayanan kesehatan yang seyokyanya dapat menjawab permasalahan kesehatan terutama mengenai mekanisme rujukan pasien dengan tingkat kesulitan karena faktor menyediakan kader pendamping terlatih terhadap ibu hamil dan ibu menyusui dan balita.

"Saya berharap kita masih bisa terus bekerjasama untuk membangun pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk Kabupaten Kepulauan Tanimbar hari ini maupun untuk di waktu-waktu yang akan datang," ungkapnya. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!