Sekilas Info

Ini 3 Pejabat yang Berpeluang Jadi Penjabat Sekda Tanimbar

Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ruben Moriolkossu

SAUMLAKI, MalukuTerkini.com -  Pasca pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Ruben B Moriolkossu, sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar pada 29 Mei 2023 lalu di Ambon oleh Gubernur Maluku, secara otomatis jabatan Sekda Tanimbar dipegang Pelaksana Harian (Plh) agar tidak terjadi kekosongan jabatan.

Saat ini Plh Sekda diemban oleh Asisten II Sekda Tanimbar Jozef James Kelwulan, hingga penetapan Penjabat Sekda.

Penjabat Bupati Tanimbar Ruben B Moriolkossu kepada malukuterkini.com, Jumat (9/6/2023) menjelaskan agar tidak terjadi kekosongan jabatan, maka ditunjuklah Asisten II sebagai Plh Sekda.

“Sesuai ketentuan saya tidak boleh memegang jabatan rangkap yaitu sebagai sekda dan penjabat bupati. Tentu bukan lepas jabatan definitifnya, tetapi nantinya ada penunjukan penjabat sekda," jelasnya.

Ia mengaku saat ini sementara berproses untuk penetapan Penjabat Sekda.

“Kritea utamanya adalah pejabat eselon II di jajaran Pemkab Kepulauan Tanimbar dan yang bekerja dengan hati untuk benar-benar mau bantu saya menjalankan roda pemerintahan setahun kedepan sesuai tugas dan tanggungjawab yang diberikan pemerintah pusat dan provinsi kepada saya,’ ungkap Moriolkossu.

Sejumlah nama yang berpeluang sebagai Penjabat Sekda Kabupate Kepulauan Tanimbar yaitu Asisten II Jozef James Kelwulan, Kepala Dinas Bina Marga Paulus Sabono dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ronny Watunglawar.

Namun lantaran, sesuai aturan pada Permendagri Nomor 91 tahun 2019 maka penjabat sekretaris daerah kabupaten/kota ditetapkan oleh gubernur. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!