Sekilas Info

Delegasi IAKN Ambon Sambangi Konjen Australia di Makassar

MAKASSAR, MalukuTerkini.com – Delegasi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon menyambangi Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Makassar, Senin (12/6/2023).

Delegasi tersebut dipimpin Rektor IAKN Ambon, Yance Z Rumahuru bertemu Alex Stephens (Konsul pada Konjen Australia).

Pertemuan tersbeut guna bicarakan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Australia.

Perteuan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Agustinus CW Gaspersz, Dekan Fakultas Seni Keagamaan Kristen Branckly E Picanussa, Ketua Prodi Pariwisata Budaya dan Agama Ilona F Salhuteru, Ketua International Office Nurlaila Tuanany, Ketua Ambon Sail Community Nico Tulalessy serta Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Marisca LN Kakiailatu.

Dalam pertemuan tersbeut, kedua belah pihak membahas berbagai bidang kerja sama yang dapat diperluas.

Diantara topik-topik yang dibahas adalah pertukaran pelajar, penelitian bersama, pengembangan kurikulum, dan program pertukaran dosen. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa dan staf pendidikan dari kedua negara untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman mereka.

Alex Stephens menyampaikan kegembiraannya atas potensi kerja sama yang lebih erat antara lembaga-lembaga pendidikan di Australia dan Indonesia. Ia menggarisbawahi pentingnya pertukaran budaya dan pengetahuan antara kedua negara ini.

Rektor IAKN Ambon, Yance Z Rumahuru juga menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap kunjungan ini.

Ia menyatakan bahwa kerja sama ini akan membawa manfaat yang besar bagi perkembangan pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah Timur.

Pada kesempatan tersebut, pihak Konjen Australia juga memaparkan beberapa program beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa Indonesia yang berminat melanjutkan studi di Australia. Hal ini menjadi peluang emas bagi mahasiswa Indonesia untuk memperoleh pendidikan tinggi berkualitas di luar negeri.

Kunjungan kerja sama ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk menjalin kemitraan yang lebih erat antara lembaga-lembaga pendidikan Indonesia dan Australia. Dengan adanya hubungan yang kuat dan saling mendukung di bidang pendidikan, diharapkan akan terjadi pertukaran ilmu pengetahuan yangk bermanfaat bagi kedua negara dan membantu memperkuat hubungan bilateral di masa depan.

Dalam pertemuan itu Dekan Fakultas Seni Keagamaan Kristen Brangkly Picanussa dan tim berkesemapatan memainkan alat musik tradisional yang terbuat dari Bamboo dan Gaba=gaba serta memberikan cinderamata sebuah Jukulele Bambu kepada Alex Stephens. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga