Sekilas Info

Bakti BCA, 62 Pasien Operasi Katarak Gratis di Namrole

AMBON, MalukuTerkini.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak dan kini jangkauan program tersebut diperluas hingga ke Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Maluku.

Kegiatan yang dilakukan dibawah payung program Bakti BCA ini sudah berlangsung sejak 1-2 Maret 2024, diikuti 62 pasien dari Namrole dan sekitarnya.

Dalam keterangan yang diterima, MalukuTerkini.com, Kamis (7/3/2024) menjelaskan baksos operasi katarak di Namrole dilakukan BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta

Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK PERDAMI).

Pelaksana baksos ini digelar di RSUD  Salim Alkatiri Namrole, Buru Selatan, Maluku,  turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Buru Selatan La Hamidi, Sekretaris Daerah Buru Selatan Ruslan Makatita, Kepala Dinas Kesehatan Buru Selatan Wa Jeny, Kapolres Buru Selatan AKBP M Agung Gumilar, Direktur RSUD Salim Alkatiri Namrole Hanafi Laitupa, SPBK Perdami, serta BCA Kantor Wilayah (Kanwil) IV.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen perseroan terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya untuk menurunkan angka kebutaan akibat katarak di Indonesia.

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility Hera F. Haryn mengatakan, di bawah payung program Bakti Kesehatan, baksos operasi katarak akan terus BCA lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan. Kami menyadari, kesehatan mata sangat esensial dan perlu dijaga agar seseorang dapat memaksimalkan produktivitasnya.

"Oleh karena itu berkolaborasi dengan SPBK PERDAMI, kami melaksanakan operasi katarak gratis sebagai bentuk dukungan untuk masyarakat agar tetap produktif dan bisa memenuhi perannya dalam komunitas,” ungkapnya.

Seluruh pasien yang mendapat operasi katarak gratis telah memenuhi kriteria medis dari tim SPBK PERDAMI dan RSUD  Salim Alkatiri Namrole.

Ia pun mengaku, BCA telah rutin menggelar operasi katarak gratis secara rutin bersama SPBK PERDAMI sejak 2001. Hingga akhir 2023, total 7.694 pasien sudah mendapatkan operasi gratis katarak dari kegiatan yang dilakukan BCA bersama SPBK PERDAMI.

Sementara itu Direktur RSUD dr. Salim Alkatiri Namrole Hanafi Laitupa, sangat mengapresiasi usaha yang diberikan BCA dalam melaksanakan program bakti sosial operasi katarak ke berbagai daerah, terkhusus ke Namrole.

Menurutnya, katarak merupakan penyakit gangguan mata yang cukup mendesak di Indonesia, dan bakti sosial operasi katarak BCA sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami berharap BCA bisa terus melakukan kegiatan serupa di lebih banyak wilayah di Indonesia, untuk mengurangi angka penderita katarak secara nasional," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!