Sekilas Info

BKSDA Maluku Amankan Satwa Liar Dilindungi

AMBON, MalukuTerkini.com - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku yang sementara melakukan Smart Patrol, Sabtu (9/3/2024) mengamankan satwa liar dilindungi yang diserahkan warga secara sukarela.

Sebagaimana dilansir malukuterkini.com dari akun resmi Instagram BKSA Maluku @bksda_maluku, Minggu (10/3/2024) Satwa liar dilindungi yang diserahkan itu terdiri dari 6 ekor burung paruh bengkok dan 1 ekor Rusa Timor (Cervus Timorensis).

Burung yang diserahkan diantaranya 1 ekor Nuri kepala Hitam Papua (Lorius Lory), 2 ekor Nuri Ternate (Lorius Garrulus), 1 ekor Nuri Bayan (Eclectus Roratus), 1 ekor kakatua Maluku (Cacatua Moluccensis) dan 1 ekor kakatua Alba (Cacatua Alba).

Penyerahan ini berawal ketika Tim BKSDA Maluku menerima aduan dari salah satu masyarakat tentang adanya bau tidak sedap muncul dari gudang belakang sebuah toko yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kota Ambon.

Berbekal informasi tersebut tim menuju lokasi untuk melakukan koordinasi dan pengecekan lebih mendalam, dan ditemukan satwa-satwa dilindungi tersebut di dalam gudang toko.

Setelah melakukan mediasi dan penyadartahuan tentang aturan yang berlaku diantaranya Undang-undang Nomor 5  tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, akhirnya pemilik toko menyerahkan dengan sukarela satwa-satwa tersebut.

Satwa kemudian diamankan di Pusat Konservasi Satwa Kepulauan Maluku (PKSKM) untuk dilakukan pengecekan tahap awal dan rehabilitasi sebelum akhirnya dilepasliarkan ke alam bebas. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!