Sekilas Info

Poltekkes Maluku Ikut Penguatan Institusi Menuju Akreditasi ‘A’

AMBON, MalukuTerkini.com - Dalam upaya untuk meningkatkan akreditasi menuju ‘A’, Unit Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maluku mengikuti penguatan Institusi.

Poltekkes Kemenkes Maluku setelah berstatus Badan Layanan Umum (BLU) telah memiliki satu unit baru yaitu Unit Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kesehatan (UPKSDMK) Maluku yang telah terakreditasi ‘B’ sebagai badan layanan untuk penyelenggara pelatihan bidang kesehatan Pada Poltekkes Kemenkes Maluku.

Dalam upaya meningkatakan kualitas mutu pelaksanaan pelatihan bidang kesehatan, maka Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan Kemenkes menyelenggarakan “Penguatan Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan dalam upaya menyiapkan setiap UPKSDMK menuju akreditasi 'A'.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari sejak tanggal 6 – 8 Juni 2024 di Gading Serpong, Tangerang, Banten.

Dalam kegiatan yang  diikuti oleh seluruh Poltekkes Kemenkes yang telah berstatus BLU, tim Poltekes Maluku mengirimkan  Christy NM Hitijahubessy (Wadir I Bidang Akademik) sebagai pendamping,  Martini Tidore, (Kepala Unit Pengembangan Kompetensi Bidang Kesehatan SDM Kesehatan) dan  Damayanti Sima Sima Sohilauw (Plt Kepala Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan).

Wadir I Bidang Akademik Poltekkes Maluku, menyampaikan melalui agenda kegiatan diberikan paparan terkait kebijakan mutu dan Standar akreditasi unit penyelenggara pelatihan, penentuan kurikulum pelatihan, penentuan pola tarif penyelenggaraan pelatihan dan penguatan penggunaan aplikasi SiAKSI dan SiAKPEL bagi penyelenggara pelatihan.

Menurutnya, Poltekkes Kemenkes Maluku melalui Unit Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kesehatan Maluku telah sukses menyelenggarakan pelatihan “Media Presentasi” angkatan pertama, dan akan melaksanakan agenda pelatihan selanjutnya yaitu Pelatihan “Preceptotship dan Mentorship bagi Pembimbing Klinik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan” yang akan di selenggarakan pada tanggal 12 – 15 Juni 2024.

"Unit Pengembangan Kompetensi SDM Kesehatan Maluku, selain melaksanakan pelatihan juga menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi SDM Kesehatan dalam bentuk seminar/webinar/workshop dan conference. Selain itu kami menerima bentuk kerjasama pelatihan dari pihak yang membutuhkan pelaksanaan pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Tenaga Medis (named)," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!