oleh

KRI Teluk Lada-521 Temukan KM Mina Sejati Nyaris Tenggelam

AMBON – Kapal Motor (KM) Mina Sejati yang dibajak oleh Anak Buah Kapal (ABK)-nya sendiri ditemukan nyaris tenggelam di perairan Kepulauan Aru, Minggu (18/8/2019).

Kapal ini ditemukan oleh KRI Teluk Lada-521 yang tiba di TKP sekitar pukul 15.30 WIT.

“KRI Teluk Lada-521 sudah berada sekitar pukul 15.30 WIT di lokasi dan langsung laksanakan penyergapan. Namun kondisi KM Mina Sejati bocor, kamar mesin sudah tergenang air, buritan tenggelam namun msh bisa mengapung,” jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon, Muslimin di Ambon, Minggu (18/8/2019).

Menurutnya jumlah keseluruhan ABK sebanyak 36 orang. Namun saat pembajakan dilakukan oleh tiga ABK masing-masing Nurul Huda (masinis), Ferri Dwi Lesmana dan Qersim Ibnu Malik, membuat sejumlah ABK lainnya berusaha menyelamatkan diri.

“ABK jumlah seluruhnya 36 orang.  13 orang menyelamatkan diri dengan menyeburkan diri ke laut (11 orang selamat dan 2 orang meninggal). ABK yang selamat ditolong oleh KM Marcel Jaya 56, KM Gemilang Samudera dan KM Surya Terbit. Adapun pelaku atau pembajak yang merupakan ABK KM Mina Sejati sendiri teridentifikasi tiga orang,” ungkap Muslimin.

Selanjutnya, kata Muslimin, masih dalam penyelidikan dan masih dimonitor perkembangan selanjutnya.

“Kita komunikasi dapat terjalin melalui telepon satelit antara ABK KM Gemilang Samudera dengan pengurus Kapal di Dobo atas nama Rinto. Belum ada lagi yang terbaru baik soal korban, pelaku dan lainnya. Karena masih doproses. Sementara yang bisa kami monitor 11 orang yang ada di KM Gemilang, KM Marcel dan KM Surya. Untuk sisanya belum bisa kami pastikan karena ada di KM Mina Sejati,” katanya.

Sebagaimana diketahui, KM Mina Sejati dibajak di perairan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Sabtu (17/8/2019). (MT-04)

Komentar

News Feed