oleh

444 Tahun Kota Ambon, Survei Indo Barometer: Warga Ingin Taman Kota Diperbanyak

AMBON – Sebagian besar warga Kota Ambon menginginkan  Pemkot Ambon dapat memperbanyak taman-taman kota seperti Pattimura Park.

Hal itu diungkapkan  Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli di Ambon, Kamis (5/9/2019).

“Survei Indo Barometer dilaksanakan di wilayah Kota Ambon yang meliputi 5 kecamatan (Nusaniwe, Sirimau, Teluk Ambon, Teluk Ambon Baguala dan Letimur Selatan). Dilaksanakan pada tanggal 16 – 23 Agustus 2019 dengan jumlah responden 400 orang berusia minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Margin error sebesar ± 4.90%, pada tingkat kepercayaan 95%. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling,” ungkapnya.

Dikatakan, maksud dan tujuan survei tersebut adalah untuk mengetahui permasalahan apa saja di Kota Ambon yang perlu segera dibenahi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, serta untuk mengetahui pendapat masyarakat mengenai Kota Ambon jelang ulang tahunnya yang ke-444.

“Sebagian besar masyarakat Kota Ambon (90.8%) berpendapat Pemkot Ambon perlu membangun taman-taman kota seperti Pattimura Park. Sedangkan (6.5%) lainnya berpendapat Pemerintah Daerah Kota Ambon tidak perlu membangun taman-taman kota. Tidak tahu/tidak jawab (2.7%),” katanya.

Ia menjelaskan, mayoritas masyarakat Kota Ambon (79.8%) juga berpendapat Pemkot Ambon perlu menambah lampu lalu lintas untuk penyeberangan pejalan kaki di area jalan umum. Sedangkan (15%) lainnya berpendapat Pemkot Ambon tidak perlu menambah lampu lalu lintas untuk penyeberangan pejalan kaki. Tidak tahu/tidak jawab (5.2%).

“Sebagian besar masyarakat Kota Ambon (92.8%) juga berpendapat Pemkot Ambon perlu membangun fasilitas toilet umum di lokasi – lokasi tertentu. Sedangkan (3.8%) lainnya berpendapat Pemerintah Daerah Kota Ambon tidak perlu membangun fasilitas toilet umum di lokasi – lokasi tertentu. Tidak tahu/tidak jawab (3.4%),” jelasnya.

Tak hanya itu menurut Hadi Suprapto Rusli, sebagian besar masyarakat Kota Ambon (83%) berpendapat Pemkot Ambon perlu membangun tempat parkir kendaraan umum di sekitar jalan – jalan utama. “Sedangkan (13.8%) lainnya berpendapat Pemerintah Daerah Kota Ambon tidak perlu membangun tempat parkir kendaraan umum di sekitar lokasi jalan – jalan utama. Tidak tahu/tidak jawab (3.4%),” rincinya.

Ia menambahkan, sesuai hasil survei, sebagian besar masyarakat Kota Ambon (91%) berpendapat Pemkot Ambon perlu mengembangkan kawasan pesisir menjadi wajah depan kota yang indah dan memiliki banyak fungsi. Sedangkan (4.5%) lainnya berpendapat Pemkot Ambon tidak perlu mengembangkan kawasan pesisir menjadi wajah depan kota yang indah dan memiliki banyak fungsi. Tidak tahu/tidak jawab (4.5%). (MT-04)

 

Komentar

News Feed