oleh

PKK Kabupaten SBT Belajar Olah Sagu di Riau

-Ekonomi-275 views

AMBON – Potensi Sagu Meranti yang berkualitas premium yang dioleh menjadi berbagai makanan yang nikmat ternyata menarik perhatian banyak pemerintah daerah di Indonesia.

Buktinya, Tim Penggerak PKK Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku mendatangi Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, guna belajar mengolah sagu, Kamis (12/12/2019).

Saat pertemuan yang berlangsung di Gedung Wanita Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua TP PKK Kabupaten SBT, Yulia Misa Kaliobas menjelaskan kedatangan dirinya dan rombongan di Kepulauan Meranti adalah dalam rangka menjalin silahturahmi sekaligus belajar tentang bagaimana cara mengolah Sagu Meranti yang sudah mendunia menjadi berbagai makanan yang nikmat.

“Kedatangan kami kesini adalah untuk bersilahturahmi dengan TP PKK Kabupaten Kepulauan Meranti yang sudah kami anggap sebagai saudara baru, sekaligus untuk belajar bagaimana cara Meranti mengolah Sagu yang sudah mendunia,” jelasnya.

Dikatakan Keliobas, Kabupaten SBT memilik kondisi geografis yang sama dengan Kepulauan Meranti dimana sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan juga merupakan daerah penghasil sagu.

Hanya saja, katanya,  lahan perkebunan sagu yang luas itu belum mampu diolah secara maksimal terutama menjadi berbagai panganan yang nikmat.

“Untuk itu kami ingin belajar dari Kepulauan Meranti untuk menambah wawasan ilmu dan pengetahuan kami terkait cara mengolah sagu sehingga dapat diterapkan di Kabupaten SBT,” kata Keliobas seperti dilansir riautime.com.

Sementara itu, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kepulauan Meranti, Hj. Syamsidar Said Hasyim pada kesempatan tersebut, memperkenalkan profil singkat Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai Kabupaten termuda dan satu-satunya daerah kepulauan di Provinsi Riau.

“Kabupaten Kepulauan Meranti terkenal sebagai daerah penghasil Sagu premium atau terbaik didunia dan telah berhasil meraih Rekor MURI dalam hal Cipta Menu Berbahan Dasar Sagu sebanyak 369 Varian,” ungkapnya.

Dijelaskan, bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti menciptakan berbagai menu makanan hasil olahan sagu bukanlah hal yang sulit karena sagu sudah menjadi sarapan harian masyarakat.

“Nantinya TP PKK Kabupaten Kepulauan Meranti berbagi ilmu bagaimana menciptakan berbagai menu makanan nikmat itu kepada TP PKK SBT termasuk juga membawa rombongan untuk melihat pabrik pengolahan tepung Sagu menjadi mie dan makanan lainnya,” jelasnya. (MT-06)

Komentar

News Feed