oleh

Dinkes Upayakan Kota Ambon Eliminasi TBC

-Kesehatan-122 views

AMBON – Saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon sementara berupaya agar di tahun 2030, Kota Ambon bisa eliminasi TBC.

“Diharapkan di tahun 2030 itu tidak ada lagi penyakit TBC, sehingga ini menjadi tugas kita  ke depan untuk bagaimana TBC ini bisa dieliminasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada malukuterkini.com di Balai Kota Ambon, Rabu (19/2/2020).

Menurutnya, petugas Dinkes dengan program Indonesia Sehat terus melakukan pendekatan keluarga dengan turun langsung ke rumah-rumah warga.

“Misalnya didapati masyarakat dengan diagnosa yang seperti batuk lebih dari 2 minggu, keringat di malam hari, atau yang mendekati ciri-ciri TBC itu kemudian disuruh ke Puskesmas untuk pasien tersebut diperiksa. Dalam pemeriksaan, yang perlu dilakukan adalah dengan periksa lendir untuk membuktikan bahwa TBC atau tidak. Dan apabila penderita itu betul-betul penderita TBC dia harus berobat sampai tuntas karena TBC sembuh tapi kalau misalnya minum obat tidak tuntas itu akan menjadi pipih imdiar yang sulit untuk lebih bahaya,” ungkapnya.

Dijelaskan, warga Kota Ambon bisa memperoleh pengobatan TBC di Puskesmas secara gratis.

Ia juga menambahkan, untuk tahun 2019, kasus TBC di kota Ambon mengalami penurunan yang cukup drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.  (MT-05)

Komentar

News Feed