oleh

Peringati HPSN, Wali Kota Ambon: Sampah Bukan Musuh

AMBON –  Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengajak warga untuk tidak mnejadikan sampah sebagai musuh namun harus dimanfaatkan dan didayagunakan sehingga memberikan nilai tambah secara ekonomi.

Hal itu diungkapkan Wali Kota saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020,  yang dipusatkan di Pantai Desa Rumah Tiga, Ambon, Jumat (21/2/2020).

Dikatakan, sampah merupakan sebuah tanggung jawab bersama dalam mempersiapkan masa depan bangsa dan negara.

“Di kesempatan ini saya hanya mau tegaskan beberapa hal yang dirasa perlu antara lain sampah bukan musuh kita, sampah adalah mitra kita yang dapat kita manfaatkan dan kita gunakan sehingga memberikan nilai tambah secara ekonomi,” katanya.

Menurutnya, jika melihat sampah sebagai musuh tentunya akan muncul apriori dan antipati, namu jika sampah dtempatkan sebagai mitra maka dapat membawa nulai ekonomi mulai dari proses penanganan sampai dengan proses pengurangan.

“Itu bisa kita laksanakan dan kita mulai memilah-milah sampah karena sampah memiliki nilai ekonomis secara strategis yang ada pada kita dan akan berdampak besar bagi lingkungan dan masa depan kita,” ungkapnya.

Dalam peringkatan HPSN, Pemkot Ambon bersama stakholder terkait juga melakukan penanaman pohon di pesisir pantai Desa Rumah Tiga. (MT-05)

Komentar

News Feed