Sekilas Info

Harga Jahe Merah Di Ambon Rp 60 Ribu/Kg, Di Jakarta Sudah Tembus Rp 100 Ribu/Kg

Jahe Merah

AMBON - Merebaknya virus corona membuat harga jahe merah terus meroket. Masyarakat banyak mengincar komoditas satu ini.

Di berbagai kota di Indonesia, harga komoditi tersebut mengalami lonjakan harga yang drastis, sementara di Ambon tak mengalami lonjakan.

Berdasarkan pantauan malukuterkini di Pasar Mardika maupun Pasar Batu Merah, Ambon, Minggu (8/3/2020), harga jahe merah masih berada di kisaran Rp 60 ribu/kg, jahe biasa Rp 50 ribu/kg, kunyit Rp 15 ribu/kg, temulawak Rp 20 ribu/kg dan serai 15 ribu/ikat besar.

Ani, salah satu pedagang di Pasar Mardika mengaku harga rempah seperti jahe merah, kunyit dan temulawak masih normal.

"Harga jahe merah, kunyit dan temulawak normal. Harga ini bertahan sejak beberapa bulan lalu," ungkap Ani kepada malukuterkini.com, Minggu (8/3/2020).

Dikatakan, selama ini rempah-rempah tersebut dipasok dari Pulau Seram dan Pulau Ambon.

"Jahe merah itu banyak dipasok dari Pulau Seram, sedangkan lainnya itu kita tanam sendiri," katanya.

Hal yang sama juga diakui, Samsia, pedagang rempah di Pasar Batu Merah. Walau begitu ia mengaku animo masyarakat yang membeli rempah-rempah cukup tinggi.

"Animo masyarakat yang beli cukup banyak, karena memang harga yang kita jual murah," kata kepada malukuterkini.com, Minggu (8/3/2020)..

Sementara itu, di berbagai kota justru harga komoditi-komoditi tersebut mengalami lonjakan harga yang luar biasa. Di Jakarta misalnya, terhitung Minggu (8/3/2020), harga jahe merah tembus Rp 100 ribu/kg, jahe biasa Rp 60 ribu/kg, kunyit Rp 20 ribu/kg, serai Rp 18 ribu/kg dan temulawak Rp 60 ribu/kg. Harga jahe merah misalnya melonjak drastis dari yang biasanya Rp 50.000/kg. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!