Sekilas Info

Sembuh, 1 Pasien Covid-19 Di Rumkital FX Suhardjo Lantamal Ambon Dipulangkan

PASIEN SEMBUH PULANG - Rumkital FX Suhardjo Lantamal IX Ambon telah memulangkan satu orang pasien Covid-19 yang sembuh berinisial SB (kedua dari kiri) ke keluarganya, di Buru Selatan Senin (11/5/2020).

AMBON – Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) FX Suhardjo Lantamal IX Ambon telah memulangkan satu orang pasien Covid-19 yang sembuh ke keluarganya, Senin (11/5/2020).

“Selama 33 hari pasien SB (53) asal Kabupaten Buru Selatan dirawat di Rumkital FX Suhardjo. Berdasarkan surat Kepala Dinas kesehatan Provinsi Maluku Nomor  443.32/2459/ Dinkes, tentang penyampaian Hasil Labolatorium Covid-19, menyatakan pasien atas nama SB negatif Covid-19,” jelas Pgs Kadispen Lantamal IX Ambon, Kapten Laut (E) Sumarno dalam keterangan tertulisnya yang diterima malukuterkini.com, Senin (11/5/2020).

Dijelaskan, metode yang digunakan pemeriksaan tersebut adalah Polymerase Chain Reaction (PCR).

“PCR merupakan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona,” jelasnya.

Menurutnya, ini merupakan kali kedua Rumkital FX Suhardjo Lantamal Ambon memulangkan pasien yang sembuh  Covid-19.

“Sebelumnya pada 20 April 2020, 3 pasien dinyatakan sembuh. Saudara SB tersebut, pada pukul 18.40 WIT telah dipulangkan dengan mengunakan speedboad Pemkab Buru Selatan bertolak dari dermaga Saung Satrol Lantamal IX menuju Namrole,” ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!