Sekilas Info

Direktur & Tenaga Medis Terpapar Covid-19, RSUD Umarella Ditutup 14 Hari

AMBON - RSUD Dokter Ishak Umarella, yang terletak di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) resmi ditutup sementara selama 14 hari setelah sejumlah tenaga medis maupun non medis termasuk direkturnya terpapar Covid-19.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang menjelaskan RSUD Umarella ditutup sementara selama 14 hari kedepan dan tidak melayani pasien.

“RSUD Umarella ditutup selama 14 hari kedepan dan tidak melayani pasien. Langkah itu dilakukan pasca terpaparnya 14 tenaga medis/non medis di RSUD Umarella termasuk direkturnya. Mulai kemarin sudah tutup seauai perintah Pak Gubernur. Tadi kita melakukan koordinasi dengan Camat, Kapolsek, Danramil dan Raja Negeri Tulehu. Dengan terpaparnya  14 tenaga medis/non medis maka  langsung tutup dan melakukan sterilisasi. Yang pasti pertama kita sterilisasi kemudian penelusuran orang-orang yang kontak erat dengan yang terpapar," jelas Kasrul kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (12/6/2020).

Menurutnya, diantara 21 orang yang di-swab ternyata yang terkonfirmasi positif sebanyak 18 orang yang terdiri dari 14 tenaga medis maupun non medis di RSUD serta 4 keluarga mereka.

"Jadi satu kali swab itu 21 orang, yang terkonfirmasi 18 orang. 14 orang diantaranya RSUD Umarella yang meliputi tenaga medis, non medis termasuk direktur juga terpapar sedangkan 4 itu keluarga mereka. Untuk tahu terpapar dari mana sementara ditelusuri,” ungkapnya

Kasrul mengatakan, diantara 18 orang yang terpapar tersebut, 14 tenaga medis.non medis sudah diruangan isolasi masing-masing di RSUD sedangkan yang 4 keluarganya berada di rumah-rumah (perumahan dokter) yang berada juga di areal rumah sakit dan sudah menjalani isolasi juga.

"Kita juga sudah melakukan pelatihan kepada Puskesmas  untuk melakukan penelusuran,” kataya.

Ia menambahkan, 46 tenaga medis maupun non medis yang melakukan kontak erat  dengan 18 orang yang terpapar sudah di-swab namun hasilnya belum jeluar

"Yang sudah di-swab kontak erat juga ada 46 orang. Masih kita tunggu hasil. Namun untuk jumlah keseluruhan tenaga medis maupun non medis di RSUD Umarella hampir mendekati 300 yang sudah menjalani rapid test nanti akan dilihat reaktif atau gimana,” jelasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!