Sekilas Info

Pembangunan Command Center Pemkot Ambon Hampir Rampung

Ilustrasi

AMBON - Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan pembangunan Command Center Pemkot Ambon saat ini hampir rampung.

"Pembangunan command center Pemkot Ambon sudah sampai pada tahap finalisasi, karena menunggu penyelesaian akhir dari pembangunan 32 unit CCTV pada 32 titik,"kata Adriaansz kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (2/2/2021).

Ia menjelaskan, pemasangan awal pada area kemacetan, fasilitas umum dan fasilitas pemerintah, tempat pembuangan sampah (TPS) dan titik sungai besar.

"Kita pasang pada sejumlah area yaitu jalan protokol meliputi jalur-jalur yang biasa terjadi kemacetan, fasilitas umum dan pemerintah. Sementara untuk TPS yang sering sulit diatur artinya masyarakat buang sampah pada lokasi TPS tidak pada tempatnya dan tidak sesuai waktu yang diatur dan pada lima titik sungai besar di ambon dalam rangka mengantisipasi saat musim hujan,"jelas Adriaansz.

Dikatakan, seluruh lokasi pemasangan CCTV ini akan menjadi dashboard command center untuk  pantau, monitor dan evaluasi langkah-langkah yang akan dilakukan OPD terkait.

"Untuk jalan protokol akan diawasi dishub yang kerjsama dengan Dirlantas polda Maluku dan Polresta Ambon, sedangkan yang terkait sampah akan ditindaklanjuti Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) serta Satpol PP sementara sungai oleh Dinas PUPR dan BPBD," katanya.

Sampai saat ini dari 32 titik, jelasnya, hanya saja beberapa diantaranya belum bisa diaktifkan karena  terkendala jaringan listrik.

"Yang awalnya kita rencanakan dipasang pada titik penerangan lampu-lampu jalan tapi terkandala karena lampu jalan sudah dipasang timer, sehingga kita harus koordinasi dengan fasilitas pemerintah atau umum terdekat," jelasnya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!