Sekilas Info

Widya MI Gelar Lomba Mewarnai & Menggambar

AMBON - Peringati Hari Ulang Tahunnya, Ina Latu Maluku, Widya Murad Ismail menggelar lomba menggambar dan mewarnai anak, yang berlangsung di Islamic Center, Ambon, Rabu (28/4/2021).

Jumlah peserta dalam lomba tersebut, awalnya ditargetkan sebanyak 150 anak. Namun hingga pelaksanaannya, jumlah peserta bertambah.

Peserta terdiri dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kategori Play Group/Kelompok Bermain berjumlah 122 anak dan TK sebanyak 90 anak. TK mendapat jatah menggambar, sedangkan Kelompok Bermain diberi kesempatan untuk mewarnai. Mereka memiliki waktu 90 menit untuk menggambar dan mewarna selama lomba.

Lomba dibuka oleh Widya ditandai dengan pemukulan Tifa, didampingi Ketua Darma Wanita Provinsi Maluku Nurhayati Jasin, Kepala Perwakilan BKKN Maluku Renta Rego, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Maluku Danny Indey, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Insun Sangadji serta Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Maluku Halima Soamole.

Dalam sambutannya Widya mengatakan, lomba menggambar dan mewarnai ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Kartini tanggal 21 April 2021. Dan sebelum kegiatan lomba ini dilaksanakan, juga ada beberapa lomba lain yang Widya selenggarakan melalui program Membangun Negeri yaitu Lomba Cipta dan Baca. Puisi untuk Pelajar SD Kelas 4 - 6 se-Maluku, Lomba Bertutur Tingkat SMP, dan Lomba Menulis Cerita Rakyat Tingkat SMA.

"Seluruh rangkaian kegiatan lomba ini, saya dedikasikan untuk mendorong peningkatan minat baca masyarakat di berbagai jenjang usia, terutama bagi pelajar di Maluku. Sebagaimana kita ketahui, bahwa mengembangkan minat baca di Maluku yang tergolong masih rendah ini tidaklah mudah," katanya.

Untuk itulah, Widya menggagas gerakan ini untuk mengasah otak, menumbuhkan kreativitas, meningkatkan minat baca dan mencerdaskan anak-anak di Maluku. Tujuannya, agar kelak anak-anak dapat menjadi generasi muda yang sadar literasi, dapat menopang  pemerintah dalam upaya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Maluku.

"Meskipun lomba ini dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19, namun tidak mengapa, kita harus tetap semangat untuk memajukan literasi di Maluku, dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," tandasnya.

Sejalan dengan rangkaian lomba untuk menggiatkan literasi tersebut, Widya selaku Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, juga sebagai Bunda PAUD, Duta Parenting dan Bunda Literasi Provinsi Maluku, sudah menjadi tanggungjawabnya untuk mensosialisasikan budaya literasi ke masyarakat, dalam rangka mencapai tujuan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!