Sekilas Info

Cegah Covid-19, Lapas Ambon Disterilkan

STERILISASI – Petugas melakukan sterilisasi melalui penyemprotan disinfektan di Lapas Kelas IIA Ambon, Rabu (30/6/2021).

AMBON - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon disterilkan guja mencegah penyebaran Covid-19.

Sterilisasi dilakukan melalui penyemprotan cairan disinfektan pada kamar hunian narapidana, Rabu (30/6/2021).

Penyemprotan dilakukan oleh petugas kesehatan dengan dibantu dengan sejumlah warga binaan.

Petugas Kesehatan, Yolanda Litaay mengaku penyemprotan kali ini difokuskan pada satu blok hunian yang juga disiapkan sebagai kamar karantina bagi narapidana baru.

“Kami juga menghimbau kepada narapidana agar selalu menjaga kebersihan di dalam blok maupun kamar-kamar hunian, serta selalu menjaga kesehatan agar tetap sehat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri menjelaskan penyemprotan cairan disenfektan ini rutin dilakukan dan difokuskan pada area layanan/perkantoran dan kamar hunian narapidana.

“Saat ini jumlah kasus yang terkonfirmasi positif terus meningkat di Kota Ambon sehigga sudah seharusnya upaya pencegahan harus fokus dilakukan,” jelasnya.

Saiful mengatakan selain penyemprotan cairan disefektan, pencegahan lainnya juga rutin dilakukan antara lain screening suhu tubuh, pemberian multivitamin dan masker baik kepada petugas maupun narapidana,  menyediakan sarana cuci tangan dan  bilik steril, serta pemeriksaan kesehatan rutin kepada narapidana.

"Dengan upaya yang telah dilakukan ini harapannya bisa mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas Ambon dan pandemi virus corona ini segera berakhir,” ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!