Sekilas Info

Pemkot Ambon Kejar Vaksin Tahap II & III Bagi Nakes

AMBON - Saat ini pencapaian vaksinasi Kota Ambon untuk tahap pertama mencapai 72 persen, namun untuk capaian vaksin kedua Kota Ambon masih sangat rendah yaitu baru 39 persen.

Untuk mencapai herd immunity maka pencapaian vaksin tahap pertama dan kedua harus capai 100 persen.

Olehnya itu, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta kepada pemkot Ambon untuk bisa mengejar vaksinasi tahap II dan tahap III yang diperuntukan bagi Nakes.

"Di negara  lain terjadi kenaikan kasus Covid-19, Amerika sekarang lebih tinggi dari Indonesia padahal mereka sudah vaksin dua kali, maka kita harus siap-siap. Disini kan vaksin pertama 72 persen namun yang kedua masih dibawah 50 persen jadi harus kejar yang kedua dan tahap ketiga bagi nakes, karena secara kesehatan epidemolog baru mulai relatif lebih aman," kata Airlangga kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (3/10/2021).

Dikatakan, walaupun sudah divaksin masyarakat tak boleh lupa akan protokol kesehatan.

"Jadi walaupun sudah divaksin jangan lupa protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, itu yang harus dijaga," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy mengatakan target sasaran vaksinasi Kota Ambon sebanyak 274.194 jiwa  dan Kota Ambon telah capai total dosis yang disuntik sudah sebanyak 307.166 dosis, yang terdiri dari dosis pertama 197.895 atau 72,2 persen, dosis kedua 107.902 atau 39,4 persen, dosis ketiga Nakes 1.399 atau 32,5 persen.

"Nakes masih agak terlambat karena kita mengikuti tiga bulan yang terkonfirmasi Covid-19 baru melakukan vaksinasi, dan banyak nakes kita yang terkonfirmasi di bulan Juli. Namun ada aturan terbaru, dimana 1 bulan setelah terkonfirmasi bisa divaksin, jadi insya Allah nakes sisa bisa di bulan ini," katanya. (MT-05) 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!