Sekilas Info

Canangkan Gerakan Perempuan Penyelamat Air, Widya Tanam Pohon Tabebuya Kuning

AMBON, MalukuTerkini.com - Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail mencanangkan Gerakan Perempuan Penyelamat Air Provinsi Maluku.

Pencanangan ini ditandai penekanan tombol sirine oleh Widya bersama Gigi Saraswati Suyarso disaksikan Plh Sekda Maluku Sadli Ie, di pelataran RSUP Leimena, Rabu, (24/11/2021).

Pencanangan gerakan ini, juga dirangkai dengan penanaman pohon Tabebuya Kuning (Pohon Terompet Emas) oleh Widya.

Jenis tanaman ini berasal dari negara Brazil dan termasuk jenis pohon besar yang seringkali di kira sebagai tanaman pohon Sakura oleh kebanyakan orang, karena bentuk bunganya mirip bunga Sakura.

Widya mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kedua dari agenda tahunan TP-PKK Maluku yang bertujuan membangkitkan semangat dan motivasi tentang peran serta perempuan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan (ketersediaan air).

Air merupakan kebutuhan bagi makhluk hidup yang harus dijaga ketersediaannya. Sebagai kaum feminim yang dalam kehidupan sehari-hari, perempuan lebih banyak menggunakan air.

"Untuk itu, keikutsertaan peran perempuan dalam menjaga keseimbangan lingkungan sangat diperlukan, sehingga dapat menepis budaya patriarki yang selalu di pandang perempuan sebagai warga negara kelas dua, peran perempuan harus sama dengan laki-laki di segala bidang," kata Widya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan dorongan kepada masyarakat terutama para perempuan terkhusus tim TP-PKK Maluku, untuk selalu menjadi garda terdepan dalam menyelamatkan lingkungan disekitarnya.

Pencanangan ini dihadiri unsur TP-PKK Provmal, Dinas Kehutanan Maluku, UPT Kementerian Lingkungan Hidup  dan Kehutanan Maluku, RSUP Johannes Leimena dan Pemerintah Negeri Rumah Tiga. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!