Sekilas Info

Hari Pelaut Sedunia 2023, KSOP Ambon Kampanyekan Bersih Laut & Pantai

AMBON, MalukuTerkini.com - Kantor Kesyabandaran  dan Otoritas Pelabuhan Ambon (KSOP) kelas I Ambon mengkampanyekan bersih laut dan pantai.

Kegiatan ini digelar di Dermaga Yos Sudarso Ambon, Senin (26/6/2023) melibatkan seluruh stakeholder maritim yang berkaitan langsung dengan laut dan pantai.

Aksi bersih laut dan pantai tersebut diawali dengan apel bersama dengan pembina apel Kepala Kantor KSOP Kelas I Ambon, Arif Muljanto.

Pelaksanan aksi ini juga dalam rangka memperingati Hari Pelaut Sedunia 2023 dan kampanye internasional bertajuk #OceanWorthProtecting atau #LautLayakDilindungi.

Kampanye "Ocean Worth Protecting" mengajak semua pihak yang terlibat dalam industri pelayaran, mulai dari awak kapal, pengusaha, otoritas maritim, hingga masyarakat umum, untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keselamatan di laut.

Kepala Kantor KSOP Kelas I Ambon, Arif Muljanto dalam sambutannya mengatakan, selain memperhatikan aspek-aspek keselamatan,  tetapi aspek perlindungan lingkungan maritim juga harus diperhatikan.

"Bagaimana kita memastikan perlindungan lingkungan maritim, oleh karena itu hadir teman-teman semua sebagai seorang pelaut, sebagai pelaku usaha di laut sebagai pengusaha maritim harus bisa memberikan petunjuk memberikan arahan menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa anda dan kami hadir untuk membersihkan laut ibu  wujud kita hadir dan contoh ini mudah-mudahan implementasi awal kepada seluruh masyarakat yang hadir kita bersih pantai di seluruh sekitar wilayah," katanya.

Menurutnya, aspek keselamatan juga harus menjaga keselamatan harus pula menjaga kebersihan.

"Saya meminta agar tidak hanya berhenti disini,  tetapi kita  dengan melakukan kegiatan bersih-bersih pantai kita hadir untuk menjamin keamanan dan perlindungan.  Oleh karena  ini adalah momentum awal kita untuk terus bergerak mendorong perekonomian yang ada di daerah Maluku dan sekitarnya," ungkapnya

Ia menambahkan dengan kegiatan ini dapat membawa perubahan dalam rangka memperingati hari pelaut.

"Mudah-mudahan bisa mendengar dan yang paling penting perubahan yang kita hadir hari ini sebagai memperingati hari pelaut tidak hanya kita hadir membersihkan pantai dan laut tapi kita hadir untuk membersihkan diri kita sebagai pelaut-pelaut, sebagai insan maritim, unsur-unsur bagi pelajar masyarakat Ambon dan sekitarnya sehingga Ambon menjadi daerah yang tidak lagi terbelakang tidak lagi berada di daerah yang maju tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia," katanya.

Dalam kegiatan bersih laut dan pantai ini pula dilakukan penilaian pengumpulan sampah terbanyak yang berhasil diraih oleh siswa Akademi Maritim Maluku dengan mendapatkan bonus Rp 1 juta.

Turut hadir komponen maritim diantaranya KSOP, Bakamla, Pelindo, KPYS, BMKG, sekolah maritim, TKBM dan tamu undangan lainnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!