Sekilas Info

Disdukcapil Ambon Raih Dukcapil Prima Award

AMBON, MalukuTerkini.com - Sebanyak 13 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) provinsi maupun kabupaten/kota berhasil menyabet penghargahaan Dukcapil Prima Award.

Satu diatanya Disdukcapil Kota Ambon yang meraih Dukcapil Prima Award Tahun 2024 Kategori Khusus.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan tingginya aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang dilakukan oleh Disdukcapil.

Adapun daerah penerima penghargaan tersebut di antaranya untuk kategori Dukcapil Prima Award Wilayah Indonesia Barat diraih oleh Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Temanggung, dan Kota Jakarta Timur. Kategori Dukcapil Prima Award Wilayah Indonesia Tengah diraih oleh Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Buleleng, dan Kota Makassar.

Kemudian untuk kategori Dukcapil Prima Award Wilayah Indonesia Timur diraih oleh Provinsi Papua, Kabupaten Mimika, dan Kota Jayapura. Selanjutnya, Kategori Khusus Dukcapil Prima Award Tahun 2024 diraih oleh Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Bengkalis, Kota Ambon, dan Kota Batam.

Penghargaan ini diberikan langsung pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil Tahun 2024 yang berlangsung di Kota Batam, Kepulauan Riau. Kepala Disdukcapil Kota Ambon Hanny MS Tamtelahitu hadir menerima penghargaan tersebut.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi menyerahkan penghargaan tersebut pada pembukaan Rakornas tersebut, Selasa (27/2/2024) malam.

Penghargaan ini kerap diberikan dalam dua kali perhelatan Rakornas Dukcapil selama setahun.

Dalam arahannya, Mendagri berpesan agar Disdukcapil terus berusaha mendorong kinerja layanan publik semakin baik dengan terus berinovasi. Dirinya mengimbau agar Disdukcapil dapat meneruskan capaian kinerja yang selama ini terbilang memuaskan.

"Sistem dan kompetensi harus terus ditingkatkan. Akurasi dan validitas data kependudukan sangatlah penting karena digunakan untuk perencanaan pembangunan, pelayanan publik, penyaluran bansos, sukseskan pemilu dan sebagainya,” kata Mendagri.

Sementara itu, Teguh Setyabudi menambahkan, Dukcapil Prima Award kali ini diberikan kepada Disdukcapil dengan raihan aktivasi IKD tertinggi.

"Diharapkan ini memicu Dinas Dukcapil lainnya untuk mampu mengejar target nasional dengan melakukan crash program agar tercapai target 30 persen aktivasi IKD dari wajib KTP-el," ujarnya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!