Sekilas Info

Pemkot Ambon Gelar Musrenbang RKPD 2025

AMBON, MalukuTerkini.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ambon tahun 2025 yang berlangsung di Ambon, Senin (29/4/2024).

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena dalam sambutannya mengatakan, tahapan Musrenbang RKPD Kota Ambon tahun 2025 telah didahului dengan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD dan Forum Lintas Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kota Ambon tahun 2025.

“Sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017, Rencana Kerja Pemerintah Daerah dalam penyusunannya memperhatikan sinkronisasi dan harmonisasi terhadap rencana kerja pemerintah dan untuk tahun 2025 tema rencana kerja pemerintah adalah akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dengan tiga kebijakan prioritas, yaitu sumber daya manusia berkualitas melalui peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan serta penguatan karakter dan jati diri bangsa, infrastruktur berkualitas yang diarahkan pada peningkatan infrastruktur konektivitas pengembangan transisi energi percepatan infrastruktur ikm hingga reformasi pengelolaan sampah dan ekonomi inklusif dan berkelanjutan yang diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja berkualitas, menurunkan ketimpangan dan menciptakan produk-produk yang ramah lingkungan,” katanya.

Sejalan dengan itu, menurutnya, dengan memperhatikan tema rencana kerja pemerintah tahun 2025 dan kondisi terkini daerah serta RPD Kota Ambon tahun 2023-2026, maka tema RKPD Kota Ambon tahun 2025 adalah peningkatan perekonomian daerah melalui investasi KUKM dan pelaku ekonomi kreatif dengan didukung oleh pemerintah yang smart menuju Ambon yang manis, demokratis dan mandiri.

"Dengan kualitas pembangunan daerah diarahkan pada, meningkatkan perekonomian kota melalui pariwisata, investasi, pertanian, industri dan perdagangan serta koperasi dan UKM, meningkatkan reformasi birokrasi untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih, cerdas dan profesional, meningkatkan layanan pendidikan dan kesehatan yang bermutu, adil dan merata, peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul dan berdesain, peningkatan percepatan pengurangan angka kemiskinan, peningkatan penyediaan lapangan kerja yang berkualitas, peningkatan nilai budaya lokal serta pembinaan mental spiritual dan wawasan kebangsaan, peningkatan ketersediaan infrastruktur yang berkualitas dan peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana," ungkapnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan indikator pertumbuhan ekonomi pada akhir tahun 2023, ekonomi Kota Ambon bertumpuk positif sebesar 4,47%, laju inflasi Kota Ambon kondisi Maret 2024 sebesar 2,80%, untuk iron year menurun dibandingkan bulan Februari sebesar 2,89%, indikator lainnya yaitu indeks pembangunan manusia Kota Ambon tahun 2023 meningkat menjadi 82,84 dari sebelumnya sebesar 82,44 di Tahun 2022.

"Perkembangan pembangunan kota Ambon sampai dengan tahun 2024 menuntut Peran kita untuk cepat menjawab kebutuhan masyarakat melalui kerja dan kinerja yang nyata dan sejalan dengan itu, target pencapaian sasaran strategis pembangunan kota Ambon tahun 2025 dalam penyusunan RKPD dapat digambarkan sebagai berikut pertumbuhan ekonomi ditargetkan pada kisaran 5,50%, tingkat pengangguran terbuka ditargetkan berada pada kisaran 10 sampai 11%, inflasi ditargetkan kurang dari 5%, persentase penduduk miskin ditargetkan pada kisaran dibawah 4,30%,” jelasnya.

Selain target tersebut peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan dan pencapaian standar pelayanan minimal daerah tetap menjadi fokus Pemkot Ambon.

Di sisi lain, tahun 2025 merupakan tahun strategis, karena menjadi tahun dasar awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Maluku dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Ambon periode 2025-2045, sehingga penting bagi kita untuk meletakkan dasar yang kuat pondasi pelaksanaan transformasi baik bidang sosial ekonomi dan tata kelola pemerintahan.

"Harapan kami para peserta Musrenbang RKPD Kota Ambon tahun 2025, dapat memberikan masukan dan pikiran yang konstruktif Untuk penyempurnaan rancangan RKP di Kota Ambon tahun 2025. Para pimpinan dan aparatur perangkat daerah serta seluruh stakeholder, diharapkan berkolaborasi, bekerja bersama menjawab tantangan permasalahan dalam pembangunan Kota Ambon. Besar harapan kami, di Kota Ambon tahun 2025 akan mendorong konsistensi dan integrasi perencanaan kota Ambon antar perangkat daerah dan semua pemangku kepentingan di Kota Ambon, sehingga perencanaan pembangunan kota Ambon dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat di Kota Ambon," ungkapya.  (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!