Sekilas Info

Pelindo Prediksi Pemudik di Indonesia Timur Meningkat 50 Ribu Orang

Ilustrasi

JAKARTA – PT Pelindo IV (Persero) memprediksi pemudik 2019di Indonesia Timur mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah pemudik di Indonesia Timur yang akan menggunakan kapal laut diprediksi sebanyak 50 ribu orang.

"Kalau untuk secara nasional, yang bergerak (mudik tahun 2018) itu ada 5 juta orang di seluruh Indonesia. Untuk Pelindo IV sendiri kami melayani 711 ribu orang pada tahun lalu. Kita prediksi tahun ini akan mengalami peningkatan menjadi 754 ribu orang," ujar Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV, Riman S Duyo, pada Minggu (19/5/2019).

Sebanyak 21 pelabuhan di kawasan Indonesia Timur melayani pemudik tahun ini di antaranya Pelabuhan Makassar, Kendari, Gorontalo, Parepare, Manado, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Ambon, Ternate, Sorong dan Jayapura. Tahun lalu, Pelabuhan Makassar menyumbang pemudik sebanyak 101 ribu orang.

"Kalau di Makassar pada tahun 2018 itu sebanyak 101 ribu orang. Tetapi di tahun 2019 ini kita prediksi akan mengalami kenaikan," jelas Riman.

Adapun penyebab peningkatan jumlah pemudik kapal laut tahun ini diperkirakan karena harga tiket pesawat.

"Kenapa peningkatan sangat signifikan karena adanya tiket pesawat yang kita sudah antisipasi. Meski pemerintah yang akan menurunkan batas atas dan batas bawah, tetapi kami duga penumpang sudah membeli tiket jauh-jauh hari," kata Riman. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!