Sekilas Info

Koopssus, Pasukan Elit Baru TNI

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI. Peresmian ini digelar di Lapangan Koopssus TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Panglima TNI mengatakan, Koopssus TNI yang baru diresmikannya dibentuk untuk memberantas aksi terorisme di dalam maupun luar negeri.

"Tugas dari Koopssus TNI adalah mengatasi aksi terorisme baik dalam maupun luar negeri yang mengancam ideologi, kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan segenap bangsa Indonesia," kata Panglima TNI usai upacara peresmian tersebut.

Ia menjelaskan, Koopssus TNI memiliki tiga fungsi dalam pemberantasan terorisme yaitu penangkalan, penindakan, dan pemulihan.

Panglima TNI juga menyebut, Koopssus TNI akan lebih berperan dalam fugsi penangkalan dengan cara melakukan observasi jarak dekat.

"Penangkalnya di dalamnya adalah surveillence yang isinya juga intelijen, 80 persen kita laksanakan adalah surveillence atau observasi jarak dekat," jelasnya.

Koopssus TNI, menurut Panglima TNI, nantinya akan berkoordinasi dengan Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam upaya memberantas terorisme.

Koopssus TNI beranggotakan sejumlah prajurit TNI yang berasal dari satuan elite di tiap matra TNI yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Dikatakan, personel Koopssus mempunyai kualifikasi untuk melakukan berbagai operasi khusus baik di dalam maupun luar negeri yang menuntut kecepatan dan tingkat keberhasilan tinggi.

Panglima TNI pada kesempatan tersebut juga mengambil sumpah jabatan Komandan Koopssus TNI, Brigjen TNI Rochadi. Sebelum menjabat Komandan Koopssus TNI, Brigjen Rochadi adalah Direktur A Bais TNI. Nantinya, Brigjen Rochadi akan didampingi Kolonel Mar Widodo sebagai Wadankoopssus TNI.

Pembentukan Koopssus TNI ini dilakukan berdasarkan Perpres Nomor 42 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. Lewat Perpres ini, pemerintah memandang perlunya dibentuk Komando Operasi Khusus TNI dari matra darat, laut dan udara.

Menurut perpres ini, Koopssus TNI bertugas menyelenggarakan operasi khusus dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam ataupun di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Turut hadir dalam peresmian Koopssus TNI ini Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Jadir pula Ketua DPR, Bambang Soesatyo dan Kabarhakam Polri Komjen Pol Condro Kirono. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!