oleh

Konsulat RI di Darwin Siap Bantu Perkuat Kerjasama Darwin – Ambon

-Ekonomi-289 views

AMBON – Konsulat Republik Indonesia di Darwin – Australia siap membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam memperkuat kerjasama dengan Kota Darwin.

Hal itu dikatakan Konsul RI untuk Darwin, Dicky D Soerjanatamihardja, saat pertemuan dengan delegasi Pemkot Ambon yang dipimpin Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler di Kantor Konsulat RI di Darwin, Selasa (30/7/2019).

Dicky, Ambon memiliki kedekatan yang erat dengan Australia, mengingat sejarah Perang Dunia II dimana ribuan tentara Australia yang dikebumikan di Ambon.

“Kedekatan batin berdasarkan sejarah inilah yang sebetulnya bisa kita manfaatkan dengan meningkatkan kunjungan masyarakat Australia ke Ambon, dengan memperhatikan konektivitas Australia langsung ke Ambon,” jelasnya.

Dikatakan, selama ini untuk mencapai Ambon, warga Australia harus mampir melewati Bali, Jakarta atau Makassar.

PERTEMUAN – Delegasi Pemkot Ambon yang dipimpin Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler melakukan pertemuan dengan Konsul RI untuk Darwin, Dicky D Soerjanatamihardja dan jajarannya di Kantor Konsulat RI di Darwin, Selasa (30/7/2019).

“Kedepan kita harus pikirkan bagaimana ada koneksi langsung ke Ambon. Karena itu, kami akan mendorong pemerintah pusat untuk melihat ini. Kami siap membantu, karena dengan adanya penerbangan langsung dari Ambon ke Darwin maupun sebaliknya, akan ada peluang usaha yang mampu meningkatkan ekonomi bagi masyarakat, khususnya di Kota Ambon,” kata Dicky yang pernah menjabat Konsul Ekonomi pada Konjen RI di Sydney – Australia.

Menurutnya, kerjasama yang terbangun selama 30 tahun terakhir antara Ambon dan Darwin harusnya mampu membawa dampak positif yang signifikan baik bagi masyarakat Ambon maupun Darwin sendiri.

“Kalau sudah ada penerbangan langsung, bisa dipastikan jumlah wisatawan mancanegara dari Darwin akan meningkat di Kota Ambon, dan masyarakat dapat merasakan dampaknya juga,” ungkapnya.

Sementara itu, Wawali Ambon mengatakan, sejauh ini Ambon memiliki kerjasama dengan Darwin di sejumlah bidang diantaranya pariwisata, pendidikan dan sosial.

“Tentu kerjasama ini akan terus kita tingkatkan mengingat Darwin dan Ambon adalah Kota Bersaudara (Sister City). Kita akan terus melihat peluang dan potensi yang bisa dikembangkan bersama,”  katanya.

Wawali juga memberikan apresiasi atas dukungan Konsulat RI di Darwin yang menggelar kegiatan Pesona Indonesia 2019 sekaligus ikut menggelar Ambon Night 2019 yang dipusatkan di Dinah Beach Cruising Yacht Association. (MT-03)

Komentar

News Feed