Sekilas Info

Tim SAR Gabungan Sisir Laut Timur Tual Cari KLM Panji Saputra

PENCARIAN - Tim SAR gabungan dari Kota Tual kembali melanjutkan melakukan pencarian terhadap KLM Panji Saputra, sejak Senin (20/1/2020) pagi.

AMBON - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan dari Kota Tual kembali melanjutkan melakukan pencarian Kapal Layar Motor (KLM) Panji Saputra, sejak Senin (20/1/2020) pagi.

Personel gabungan dengan menggunakan KN Abimanyu dan KP Tanjung Alang juga telah bergerak dari Pelabuhan Dullah Selatan Tual ke arah timur perairan Tual.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin kepada malukuterkini.com, Senin (20/1/2020).

Menurutnya, seluruh sarana pendukung yang melalui laut sudah bergerak sejak pukul 08.00 WIR untuk mencari kapal bermuatan 25 drum avtur milik Kodam XVI Pattimura.

"Semua sudah bergerak sejak pukul 08.00 WIT. Tim bergerak dari Tual ke arah timur," ujarnya.

Sebelumnya saat memberikan keterangan kepada wartawan di Bandara Pattimura, Senin (20/1/2020) pagi, Muslimin juga memastikan pihaknya bekerja maksimal melakukan pencarian.

"Kita masih  pencarian di wilayah-wilayah yang dicurigai. Estimasi bukan terlambat pencarian. Kita masih lakukan memang sesuai SOP tujuh hari namun setelah waktu kejadian maka estimasi 10 hari sejak kita terima informasi. Namun jika nantinya tidak ditemukan maka sementara nanti kita akan hentikan," jelasnya.

KLM Panji Saputra, hilang kontak dalam perjalanan dari Kota Ambon menuju Saumlaki – Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Moa – Kabupaten Maluku Barat Daya.  Kapal berangkat dari Ambon sejak 7 Januari 2020 dan sesuai estimasinya harusnya tiba di Saumlaki pada 11 Januari 2020. Namun hingga kini tak pernah tiba di pelabuhan tujuan dan juga hilang kontak.

Kapal yang memiliki panjang 10 meter dan lebar 2 meter serta berwarna hijau mengangkut 6 orang yang terdiri dari 4 ABK dan 2 personel Perbekalan dan Angkutan (Bekang) Kodam XVI Pattimura.

Tiga ABK diketahui bernama La Mufik, La Jau dan Ongki sementara satu lainnya belum kami peroleh namanya. Dua personel Bekang Kodam XVI Pattimura itu bernama Serda Aswadin Ali dan Pratu Midun. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!