Sekilas Info

Ketua Dekranasda Maluku Luncurkan Program Kompetisi MI

Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail

AMBON - Bertepatan dengan momentum HUT Pattimura ke-203, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail, meluncurkan program Kompetisi MI (Membangun negerI), Jumat (15/5/2020).

Press conference via zoom meeting itu diikuti sejumlah wartawan, pimpinan OPD di lingkup Pemprov Maluku, dan tokoh masyarakat dan pelaku UMKM.

"Dengan semangat Pattimura, saya mengajak kita semua untuk tetap produktif di tengah pandemi Covid-19," ungkap Widya membuka percakapan.

Kompetisi MI atau “Membangun Negeri”, sebut Widya, bertujuan untuk mengajak masyarakat, terkhususnya generasi muda Maluku untuk tetap produktif walau dalam kondisi “tado di rumah”.

Istri Gubernur Maluku, Murad Ismail, ini menjelaskan, kompetisi MI juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan dukungan masyarakat, khususnya generasi muda Maluku untuk bisa bekerjasama dengan pemerintah dalam membangun negeri melalui ide-ide kreatif dan inovatif.

"Jika ada generasi muda yang selama ini selalu mengkritik pemerintah, pada kesempatan ini kita beri mereka tantangan, untuk ikut memberikan pikiran-pikiran kreatif, inovatif dan konstruktif kepada pemerintah," jelas Widya.

Menurutnya, bentuk kegiatan ini adalah kompetisi menulis karya tulis ilmiah yakni dalam bentuk kelompok maksimal lima orang. Mereka nantinya memilih salah satu desa/negeri di Maluku, dengan potensi unggulan yang dimiliki untuk dijadikan objek penulisan karya ilmiah itu.

"Tulisannya harus komprehensif dan mengarah pada pengembangan desa/negeri, dengan memaksimalkan potensi lokal yang dimiliki," ungkapnya.

Tulisan komprehensif tersebut, kata Widya, akan menjadi semacam proposal untuk pengembangan desa/negeri, dimana implementasi program “Membangun Negeri” ini akan dilaksanakan setelah masa pendemi Covid-19 berakhir.

Kelompok yang memenangkan Kompetisi MI, terang Widya, akan dilibatkan pula dalam program ‘Membangun negerI” ini. Untuk peserta Kompetisi MI, kata Widya, merupakan lulusan SMA/SMK/sederajat dan lulusan Universitas/Perguruan Tinggi di Maluku.

Pendaftaran mengikuti Kompetisi MI terhitung tanggal 15 Mei - 15 Juni 2020. Selanjutnya para pendaftar akan dihubungi panitia untuk melakukan technical meeting via zoom guna menyampaikan petunjuk teknis kompetisi.

Ia juga menjelaskan Kompetisi MI memperebutkan total hadiah Rp15 juta. Penilaian dilakukan oleh lima Dewan Juri dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku, dan unsur penyelenggara. Pemenangnya akan diumumkan saat HUT Provinsi Maluku, 19 Agustus 2020.  (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!