Sekilas Info

Hadir Di Maluku, Ini Rute Penerbangan SAM Air

PENERBANGAN PERINTIS - Penerbangan perdana SAM Air dengan pesawat Twin Otter di Bandara Pattimura Ambon, Senin (11/1/2021)

AMBON - PT Semuwa Aviasa Mandiri (SAM Air) ditetapkan sebagai perusahaan yang melayani rute penerbangan perintis. Tahun ini, SAM Air hadir di Provinsi Maluku dengan melayani rute yang menyinggahi 10 bandara.

Ada pun rute penerbangan tersebut akan menyinggahi Ambon, Banda, Amahai, Fak Fak, Kisar, Moa, Saumlaki, Larat, Langgur dan Wahai.

Sam Air menerbangi rute  Ambon – Banda PP di hari Senin dan Kamis, Banda – AmahaiPP (Senin), Amahai – Fak Fak PP (Senin), Ambon – Kisar (Selasa & Jumat), Kisar – Ambon (Rabu & Jumat), Kisar – Moa (Selasa), Moa – Kisar (Rabu), Moa – Saumlaki (Selasa), Saumlaki – Moa (Rabu), Saumlaki – Larat (Selasa), Larat –Saumlaki (Rabu), Larat – Langgur (Selasa) dan Langgur – Larat (Rabu).

Manager Operasional SAM Air, Hendra Sutrisno mengatakan, SAM Air merupakan penerbangan perintis subsidi pemerintah, yang harga tiketnya jauh lebih murah dibandingkan pesawat kormesi biasa.

PENERBANGAN PERINTIS - Penerbangan perdana SAM Air dengan pesawat Twin Otter di Bandara Pattimura Ambon, Senin (11/1/2021)

"Kita melayani rute penerbangan yang menyinggahi 10 bandara, rata-rata penerbangan seminggu sekali. Hanya Banda dan Kisar yang seminggu dua kali," ujar Sutrisno kepada wartawan saat penerbangan perdana SAM Air, di Bandara Pattimura Ambon, Senin (11/1/2021)

Dijelaskan,  SAM Air mengggunakan tipe pesawat Twin Otter berkapasitas angkut 15 penumpang dengan harga tiket yang lebih murah sehingga dapat membantu perjalan masyarakat ke daerah-daerah tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhammad Malawat mengatakan, untuk penerbangan ini ada subsidi sebesar Rp 26 miliar sedangkan untuk BBM sebesar Rp 4 miliar selama setahun yang dikelola oleh SAM Air.

"Kami sangat senang dan bangga karena pemerintah pusat memperhatikan kita di provinsi Maluku," ujarnya. (MT-05) 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!