Sekilas Info

Talkshow Pasific Exposition 2021, Ini Yang Dipaparkan Gubernur Maluku

AMBON - Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan paparan terkait potensi daerah pada acara Talkshow Pasific Exposition 2021.

Talkshow yang digelar oleh Tribun Network Gramedia dan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru secara virtual itu berlangsung, Senin (11/10/2021).

Acara ini dihadiri oleh Dubes RI di Selandia Baru Tantowi Yahya, para gubernur dari beberapa provinsi dan Direktur Pemberitaan Tribun Network Kompas Gramedia, termasuk Dubes RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun  dan juga mengundang Gubernur Maluku untuk ke Tiongkok.

Gubernur menjelaskan provinsi Maluku memiliki potensi sumber daya alam yang telah menjadi komoditas unggulan daerah, yakni Perikanan, Perkebunan Pala, Cengkeh, Kelapa, dan Pariwisata Bahari, serta potensi Energi Sumber Daya Mineral yang pengelolahannya masih terbatas, sehingga peluang para investor untuk berinvestasi di Maluku semaikn besar.

“Adapun juga produk-produk Ekonomi Kreatif dan UMKM provinsi Maluku yang di tawarkan, antara lain Produk kerajinan Tenun Khas Maluku, olahan kelapa seperti Virgin Coconut Oil, Nata de Koko, Sampo Organik, Minyak Kayu Putih serta produk Ekonomi Kreatif, seperti Fashion, kerajinan tangan, kuliner dan destinasi Wisata,” jelasnya.

Menurutnya, potensi perikanan Maluku dengan produk yang bernilai tinggi telah menjadi produk ekspor daerah maluku untuk beberapa negara seperti, Tiongkok, Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat.

“Kerja sama perdagangan dan investasi untuk mengembangkan potensi perikanan di Maluku sangat terbuka. Apalagi Maluku saat ini telah ditetapkan sebagai Pusat Lumbung Ikan Nasional, dan dalam waktu dekat akan dibangun New Ambon Port dan Pelabuhan Perikanan terintegrasi,” ujarnya.

Gubernur menambahkan Pemprov Maluku telah menyiapkan lahan sebesar 700 Hektar, dimana pada tahap pertama dibangun pada lahan seluas 200 hektar oleh Pemerintah Pusat yang akan menjadi Kawasan Investasi baru di sektor Perikanan dan Logistik, di wilayah timur Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan harapannya yaitu kerjasama perdagangan dan investasi di sektor Perikanan, Perkebunan, dan Pariwisata; transaksi  perdagangan untuk produk kerajinan dan UMKM; kunjungan wisatawan asing ke Maluku; kerjasama bidang pendidikan dan teknologi; serta kerjasama dalam pengendalian ancaman perubahan iklim bagi keberadaan pulau-pulau kecil di Kawasan Pasifik.

Acara Talkshow ini diakhiri dengan sesi diskusi dalam kemasan saling mendukung melengkapi dan saling menopang agar Indonesia semakin dikenal di mancanegara. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!